CiriCara: Cara Mengatasi Suami Manja

by
September 10th, 2012 at 11:26 am

CiriCara.com –  Seorang istri tentunya memiliki berbagai kewajiban dalam mengurusi rumah tangga agar membuat anggota keluarganya merasa nyaman. Berbagai kewajiban tersebut, seperti menyediakan sarapan untuk suami dan anak, membersihkan rumah, dan lain sebagainya.

Namun, terkadang Anda membutuhkan bantuan suami ketika tidak mampu mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga tersebut. Misalnya dalam keadaan sakit, tentunya  Anda ingin sang suami mengerti dan bisa membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Dalam setiap keluarga, sifat dan sikap yang dimiliki suami tentunya berbeda-beda. Ada suami yang tanpa disuruh ia mau mecuci bajunya sendiri, menyapu, mengepel dan lain sebagainya. Namun, ada juga suami yang menyerahkan pekerjaan rumah tangga itu kepada istrinya. Untuk Anda yang memiliki suami manja atau tidak ingin membantu pekerjaan rumah, sebaiknya simak tips berikut ini:

1. Bicara padanya

Bila suami tidak ingin membantu atau malah merepotkan pekerjaan rumah tangga Anda, maka bicaralah padanya. Katakan terus terang kepadanya agar sang suami menjadi tahu dan bisa mengubah sikapnya. Komunikasi dalam menjalani hubungan rumah tangga sangat penting dilakukan karena untuk dapat saling mengerti antar anggota keluarga.

2. Ajak anak untuk membujuk

Bila Anda sudah berbicara kepada sang suami dan ia tidak meresponnya, maka ajak anak untuk membujuk. Katakan pada anak untuk membujuk ayahnya agar mau membantu pekerjaan rumah tangga. Selain itu, bujuk anak Anda juga untuk dapat melakukan hal yang bisa dilakukannya sendiri tanpa harus merepotkan ayah atau ibunya. Tujuannya adalah agar si anak itu tidak manja.

3. Berlibur bersama keluarga

Sesekali Anda harus merencakan liburan bersama keluarga tanpa harus mengajak pembantu. Tujuannya adalah agar sang suami ataupun anak terbiasa untuk melakukan atau menyelesaikan apapun dengan caranya sendiri. Berliburlah bersama keluarga untuk pergi menginap beberapa hari saja dan biasakan mereka untuk dapat membantu Anda, seperti menyapu, membersihkan jendela, memasak air, dan lain sebagainya.

Saling mengerti dan menghargai antar anggota keluarga sangat penting dilakukan. Tujuannya adalah agar hubungan antar anggota keluarga selalu berjalan harmonis dan menyenangkan. Apabila Anda memiliki suami yang manja, maka cobalah cara di atas agar sang suami mau mengubah sikapnya. (NR)

Comment di sini