CiriCara: Cara Menghemat Biaya Pernikahan

by
September 10th, 2012 at 4:26 pm

CiriCara.com – Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, hukum, dan norma sosial. Dalam upacara pernikahan memiliki banyak variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, dan kelas sosial.

Pernikahan merupakan suatu peristiwa penting yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Tak heran jika setiap pasangan ingin merayakan pesta pernikahannya secara besar-besaran dan terlihat mewah. Pesta pernikahan seperti itu tentunya akan mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

Namun, ada juga pasangan yang ingin menggelar pestanya yang berkesan tanpa harus mengeluarkan biaya sangat mahal. Bagi Anda yang ingin menggelar pesta pernikahan yang berkesan dan tetap telihat meriah tanpa harus mengeluarkan biaya banyak, sebaiknya simak tips berikut ini:

1. Tidak memakai jasa perencana pernikahan

Menggunakan jasa perencana pernikahan akan mengeluarkan biaya lebih banyak. Untuk mebayar jasa mereka, biasanya orang akan mengeluarkan biaya puluhan juta hingga miliaran rupiah. Jika Anda ingin menghemat biaya pernikahan, maka buatlah rencana pernikahan sendiri walaupun cukup melelahkan mental dan fisik Anda dan pasangan.

2. Sediakan jenis makanan secukupnya

Untuk lebih berhemat mengenai makanan, hindarilah acara jamuan menu makan malam secara buffet maupun ‘makan meja’. Cara yang bisa yang Anda lakukan adalah menggelar acara pada jam makan siang atau sore hari dengan pesta koktail saja. Alternatif lain yang dapat dipakai yaitu tidak memakai jenis makanan yang terlalu banyak.

3. Sediakan “signature cocktail”

Bagi pasangan yang ingin ada minuman beralkohol pada pesta resepsinya, hindari open bar. Anda bisa menyediakan pilihan terbatas saja, seperti hanya wine atau bir saja. Bila tidak ingin wine, maka Anda bisa sediakan signature cocktail untuk toast bersama. Pilihan minuman ini lebih hemat dan unik dibandingkan dengan memberikan menyediakan minuman beralkohol.

4. Pilih kue pengantin yang sederhana

Semakin tinggi, besar, dan ramai hiasan kue pengantin, tentunya akan mengocek lebih dalam saku Anda. Untuk itu, pilihlah kue pengantin yang sederhana saja untuk acara potong kue. Bila ingin memberi kuenya kepada tamu, maka beri mereka kue yang lain dengan harga yang tidak terlalu mahal.

5. Memilih dan merangkai bunga sendiri

Biaya yang diperlukan untuk merangkai bunga tentunya cukup mahal. Untuk itu, pilihlah dan rangkailah bunga sendiri. Pilih bunga lokal satu jenis saja yang sedang musim pada saat itu. Belilah dalam jumlah yang besar, biasanya Anda akan mendapatkan potongan harga. Bila Anda malas untuk pergi ke toko bunga, maka belilah melalui online dan biasanya pesanan Anda akan diantar. Setelah bunga sudah dibeli, rangkailah sendiri sesuai kreasi yang Anda inginkan.

6. Membuat suvenir sendiri

Tidak akan ada tamu yang mempersoalkan apakah suvenir yang mereka terima itu buatan sendiri atau barang mahal dari toko. Untuk itu, mintalah bantuan kepada orang-orang terdekat, seperti ibu, tante, nenek atau sahabat yang jago dalam hal kerajinan tangan. Biasanya mereka akan senang hati untuk membantu calon pengantin. Biaya yang dikeluarkan pastinya lebih irit dibandingkan Anda membelinya dari toko suvenir.

Dengan melakukan cara di atas, tentunya pesta pernikahan Anda akan tetap terlihat meriah dan menyenangkan walaupun biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Namun, mengadakan pesta pernikahan secara besar-besaran dan mewah boleh saja asalkan tidak membuat Anda dan pasangan merasa kesulitan nantinya. (NR)

Comment di sini