CiriCara: Cara Sukses Menjadi Freelance

by
September 10th, 2012 at 5:07 pm

CiriCara.com – Saat ini freelance merupakan pilihan populer bagi orang yang ingin mendapatkan penghasilan yang fleksibel. Sebagian orang ingin melakukan freelance karena sebagai jembatan untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya. Bila Anda ingin melakukan pekerjaan ini dan tidak tahu caranya, berikut tips yang dapat diberikan:

1. Sesuai bidang yang diminati

Sebelum Anda membuat pilihan, identifikasi dahulu minat serta keahlian Anda. Jika Anda tertarik menulis, maka bisa menjadi penulis lepas. Bila senang dalam dunia fotografi, maka Anda bisa bekerja di salah satu studio foto atau membuka jasa pre wedding. Bekerja sebagai freelance sesuai dengan keahliannya akan membuka peluang Anda untuk menjadi pekerja tetap di perusahaan tersebut.

2. Melakukan pendekatan

Agar Anda bisa menjadi freelance, maka promosikanlah diri Anda kepada kerabat ataupun orang lain yang sebelumnya pernah dikenal. Misalnya, Anda bisa menghubungi orang-orang yang pernah satu organisasi dengan Anda. Tanyakan kepadanya mengenai lowongan freelance dan kesiapan Anda untuk menghadapi dunia kerja.

3. Memakai media sosial

Media sosial juga sangat berperan penting untuk mendapatkan peluang sebagai freelance. Situs-situs seperti Facebook, Twitter, Linkedln, dan media sosial lainnya yang sangat populer bisa dimanfaatkan dan mungkin Anda akan mendapatkan peluang. Buatlah account dan berinteraksilah dengan orang-orang yang sudah dalam ahlinya sesuai dengan minat Anda.

4. Cara online

Internet merupakan satu cara paling umum untuk menemukan perusahaan yang memperkerjakan freelance. Internet akan memberikan daftar tempat-tempat yang dapat mempertimbangkan kemampuan Anda. Selain itu, dengan cara online Anda juga bisa mengirimkan Curriculum Vitae untuk dapat dilihat langsung oleh perusahaan yang berkaitan.

5. Percaya diri

Sebagai pemula, tentunya Anda akan diberikan tarif sedikit kepada perusahaan yang bersangkutan. Namun, jangan pikirkan hal itu karena dengan freelance tentunya Anda akan mendapatkan pengalaman lebih banyak dan akan menguntungkan dalam dunia kerja yang sebenarnya. Percaya dirilah pada kemampuan yang Anda miliki karena akan membuat orang di perusahaan tersebut melihat kemampuan Anda.

Itulah 5 cara agar menjadi freelance yang sukses. Bagaimana, Anda mau mencobanya? selamat mencoba. (NR)