Dalam 100 Hari, 20 Juta Galaxy S III Terjual

by
September 10th, 2012 at 9:48 am

Reuters

Jakarta (CiriCara.com) - Hasil penjualan per tiga bulan Samsung pada Juli lalu mencatatkan hasil bagus dan memecahkan rekor dengan keuntungan US$5.9 miliar. Namun, rekor tersebut akan berubah karena –menurut analis dari Korea The Yonhap– mereka akan mencatatkan penjualan US$6.2 miliar dalam tiga bulan (periode Agustus-Oktober).

Pencapaian ini sebagian besar disokong dari penjualan smartphone andalan mereka Galaxy S III. Pendapatan per tiga bulan Samsung memang baru akan diumumkan akhir bulan Oktober nanti. Namun, beberapa fakta menunjukkan kecenderungan demikian.

Awal pekan ini, Samsung mengumumkan bahwa dalam 100 hari setelah peluncurannya, Samsung Galaxy S III telah terjual lebih dari 20 juta unit. Dengan catatan tersebut, diharapkan kentungan per tiga bulan Samsung bakal meningkat sebesar 24.5 persen dan mencapai US$4.5 miliar dolar. Para analis memperikirakan keuntungan kuarter ke-III Samsung akan meningkat 78 persen dari tahun lalu.

Salah satu penjualan utama Samsung juga berasal dari Galaxy Note, produk mereka yang merupakan “gabungan” antara tablet dan smartphone. Pada saat pertama diluncurkan, Galaxy Note terjual lebih dari 10 juta unit dengan permintaan yang terus berdatangan terhadap sang “penerus” Galaxy Note II. Google kemudian menyadari bahwa tablet dengan layar lebih kecil menarik banyak konsumen lalu mulai memroduksi Google Nexus 7. Sementara itu, sang kompetitor Apple mulai tertarik dan dikabarkan akan meluncurkan iPad Mini mereka bulan Oktober mendatang.

Keuntungan Samsung yang terus tumbuh membuat denda sebesar US$1.2 miliar yang harus dibayarkan ke Apple karena terbukti bersalah di pengadilan telah kembali ke mereka. Perusahaan asal Korea tersebut juga dilaporkan akan mengajukan banding. “Melanjutkan yang kita bisa dengan sepenuhnya sampai penjelasan kami diterima,” ujar juru bicara Samsung seperti dikutip dari TheNextWeb.

Denda itu sendiri belum sepenuhnya diterima. Karena jika Samsung menerima keputusan tersebut, maka akan ada potensi beberapa produk mereka — termasuk Galaxy S III– dilarang dijual di pasar-pasar Amerika. (dd)

Comment di sini