Hacker Sebabkan Website PON 2012 Susah Diakses

by
September 10th, 2012 at 1:37 pm

Utusan Riau

Pekanbaru (CiriCara.com)Website resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 di Riau www.ponriau2012.com sering mengalami gangguan sejak pertama kali PON diselenggarakan. Hal ini, menurut H.M. Rusli Zainal selaku Gubernur Riau ditengarai karena ulah hacker atau peretas yang menyerang website tersebut.

Dilansir dari Tribunnews.com, Rusli Zainal menyatakan bahwa jaringan menuju web resmi PON 2012 tersebut sedang diserang hacker sehingga susah untuk diakses oleh para pengunjung untuk mengetahui informasi resmi mengenai klasemen sementara dan jadwal pertandingan. Penyataan tersebut diungkapkan oleh Rusli Zainal saat mengunjungi Media Center di Gedung Pustaka Wilayah Riau bersama pihak PT. Chevron.

“Memang jaringan kita saat ini lagi diserang hacker. Makanya ada gangguan lambatnya update informasi khususnya informasi klasemen dan lainnya,” ujar Rusli.

Karena mengalami gangguan, Rusli meminta bantuan dari tim Teknologi Informatika (TI) dari Jakarta untuk memperbaiki website yang sedang diserang hacker tersebut. Karena serangan ini, jurnalis dan warga masyarakat tidak bisa mengakses portal tersebut selama beberapa waktu.

Selain memerlukan waktu loading yang sangat lama, halaman web tersebut juga tidak update mengenai jumlah medali emas, perak dan perunggu yang diraih oleh tiap provinsi yang diperoleh melalui pertandingan selama beberapa hari.

Selaku Gubernur provinsi tempat penyelenggaraan PON, Rusli Zainal terus berharap agar tim TI dapat terus berusaha cepat sehingga halaman web tersebut dapat  berfungsi normal. Beliau juga berharap agar perlengkapan dan peralatan di Media Center bisa dimanfaatkan dan difungsikan oleh wartawan yang mencari berita tentang klasemen, hasil pertandingan dan berita mengenai PON 2012 Riau.

Walaupun PON 2012 yang diselenggarakan di Riau ini banyak menuai kritikan karena dinilai kurang siap dalam menjadi tuan rumah, Rusli Zainal menjamin penyelenggaraan PON akan tetap berjalan dengan baik.

Selain web yang mengalami gangguan, kesiapan Riau dalam menjadi tuan rumah PON ini juga masih sangat kurang seperti ketidaksiapan beberapa tempat pertandingan dan keterbatasan fasilitas di wisma atlet.

(RN)

Comment di sini