Ini 5 Jenis Makanan Pengganti Susu

by
September 10th, 2012 at 2:47 pm

CiriCara.com – Ada istilah yang mengatakan, “Empat Sehat Lima Sempurna” dan sempurnanya itu adalah dengan meminum segelas susu setelah mengonsumsi menu makanan sehat, seperti nasi, sayur-mayur, lauk-pauk, dan buah-buahan. Susu merupakan makanan cair yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Susu bermanfaat bagi tubuh karena mengandung zat seperti fosfor, zinc, vitamin A, D, B12, B2, asam amino, dan asam pantotenat.

Namun, tidak semua orang menyukai rasa susu atau bahkan memiliki alergi terhadap susu. Rasanya yang agak manis dan nikmat itu membuat sebagian orang tidak ingin meminumnya. Untuk Anda yang mengalami hal tersebut, sebaiknya perlu mengonsumsi jenis makanan lain agar bisa menggantikan nutrisi yang ada pada susu. Mau tahu apa saja makanan tersebut? simak 5 jenis makanan berikut ini yang dicuplik dari Vemale.com:

1. Kacang almond

Kacang almond merupakan bahan pangan yang dapat dijadikan sebagai pengganti susu. Kandungan yang dimiliki kacang almond yaitu magnesium, kalium, antioksidan, serta vitamin E. Selain itu, manfaat yang didapat bila memakan kacang almond yaitu membantu usus dalam mencerna makanan dan dapat melangsingkan tubuh.

2. Kedelai

Untuk menggantikan nilai gizi yang ada pada susu, mengonsumsi kedelai juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kedelai merupakan salah satu sumber protein yang memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Di dalam kedelai terdapat kandungan asam amino yang sangat diperlukan tubuh manusia untuk melawan sel kanker.

3. Ikan laut

Ikan laut merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Bila Anda tidak meminum susu, maka mengonsumsi ikan bisa dijadikan sebagai bahan penggantinya. Jenis ikan yang kaya akan sumber protein yaitu ikan tuna, markarel, herring, dan salmon. Mengonsumsi jenis ikan tersebut juga dapat meningkatkan daya ingat Anda.

4. Sayur bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang kandungan kalsiumnya tinggi. Di dalam bayam terdapat sumber vitamin A, C, E, dan K. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan esensial dan fitokimia yang membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit. Salah satu sayuran terbaik ini juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah osteoporosis, dan mencegah diabetes. Dengan mengonsumsi bayam satu mangkuk perharinya saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

5. Biji wijen

Biji wijen merupakan pengganti susu terbaik karena bahan makanan ini mengandung semua nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari segelas susu. Kandungan zat yang ada dalam wijen adalah gliserida, sesamin, sesamolin, lignans, pedalin, planteose, sitokrom, vitamin (A, B1, dan E) yang bisa dikonsumsi sebagai bahan pengganti susu, telur, atau daging. Biji wijen juga memiliki manfaat bagi tubuh, antara lain pereda rasa nyeri, mencerahkan wajah, dan baik untuk kulit.

Itulah 5 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi bila tidak suka meminum susu. Konsumsilah salah satu makanan tersebut untuk menggantikan nutrisi yang ada dalam segelas susu. Dengan begitu, menu makanan Anda akan sempurna dan tubuh akan tetap sehat. (NR)

Comment di sini