Umat Buddha dan Densus Jadi Target Sementara Bom Bunuh Diri Thoriq

by
September 10th, 2012 at 2:57 pm

Media Indonesia

Jakarta (CiriCara.com)Muhammad Thoriq, tersangka terduga teroris yang berasal dari Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat beberapa waktu lalu telah menyerahkan diri kepada polisi, Minggu malam, 9 September 2012.

Berdasarkan keterangan Thoriq sendiri, dia telah disiapkan menjadi ‘calon pengantin’ atau pelaku bom bunuh diri di beberapa tempat. Dilansir dari Detik.com, ada beberapa target penyerangan bunuh diri yang akan ia dan kelompoknya lakukan.

Target sebenarnya belum ditetapkan, tetapi antara umat Buddha, Brimob,  dan Densus,” ujar Kapolsek Tambora, Kompol Donni Eka Saputra pada Minggu, 9 September 2012 kemarin. Menurut Donni lagi, penyerangan ini dilakukan karena kekecewaan terhadap kasus Rohingya yang mencuat di dunia internasional.

Donni enggan mengomentari lebih jauh tentang kelompok Thoriq karena dia hanya bertugas untuk mengangani penyerahan diri Thoriq. Namun menurutnya, jaringan teroris Thoriq ditengarai bukan dari jaringan teroris yang selama ini terkenal. Jaringan yang diikuti Thoriq kemungkinan besar hanya terdiri dari kelompok orang-orang tertentu yang menyimpan kekesalan terhadap golongan lain.

Ketika menyerahkan diri, Thoriq mengenakan sabuk yang dililit kabel dan pemicu bahan peledak. Selain itu Thoriq, yang mengenakan wig hitam saat datang, juga menyerahkan sejumlah senjata rakitan dan peluru. Thoriq menjadi buronan polisi setelah bahan peledak yang disimpan di dalam rumahnya berasap di Jalan Teratai 7, RT 02 RW 04, Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat pada Rabu, 5 September 2012.

Ketika melarikan diri, Thoriq meninggalkan istri dan anak tunggalnya. Polisi sempat terkecoh saat sebuah bom meledak di kawasan Beji, Depok, Sabtu malam, 8 September 2012 lalu. Mereka menduga korban yang menjadi ledakan tersebut adalah Thoriq yang menjadi buronan polisi.

Walau, tersangka yang mengaku Thoriq telah menyerahkan diri namun polisi tidak akan percaya begitu saja. Pihak kepolisian tetap akan melakukan tes DNA terhadap Thoriq dan mempertemukan dengan keluarganya untuk memastikan identitas ‘calon pengantin’ ini. (RN)

Comment di sini