CiriCara: 5 Cara Menarik Membacakan Dongeng Untuk Anak

CiriCara.com – Memberikan cerita dongeng kepada anak sebelum tidur merupakan salah satu kegiatan yang bisa membuat anak menjadi cerdas karena bertambahnya pengetahuan dasar. Mendongengkan anak sebuah cerita rakyat juga dilakukan para orangtua untuk menyatakan rasa kasih sayang kepada si buah hatinya.

Tak sedikit pakar juga meminta agar orangtua mau meluangkan waktu sekitar 30 menit sehari untuk mendongeng pada anaknya. Mungkin Anda termasuk salah satu orangtua yang sulit mendongeng untuk anaknya. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa diberikan agar Anda bisa mendongeng untuk anak dan membuatnya senang. Berikut tipsnya:

1. Pilih bacaan dengan akhir cerita yang bahagia

Sebelum bacaan tersebut didongengkan untuk anak, sebaiknya Anda harus pahami dahulu cerita tersebut. Tujuannya adalah agar Anda mengetahui bagian yang seru serta karakter-karakter yang ingin diangkat.

2. Pilih buku yang sesuai dengan perkembangan anak

Cari cerita yang berhubungan dengan kebiasaan buruk sang anak. Misalnya, topik tentang menjaga kebersihan, dan cari buku bacaan yang membahas tentang kuman. Tujuannya adalah agar si anak mengetahui bila kebiasaan buruk yang dilakukannya adalah salah.

3. Bacakan cerita dengan ekspresif dan menarik

Bacakan cerita tersebut dengan ekspresif dan menarik agar si anak mau mendengarkannya sampai cerita tersebut selesai. Selain itu, agar sang anak juga mengerti isi dari cerita tersebut. Bila perlu, gunakan nada suara yang berbeda-beda pada setiap tokoh yang ada dalam buku cerita tersebut.

4. Gunakan bahasa tubuh

Untuk lebih menarik perhatian si anak, Anda bisa menggunakan bahasa tubuh atau memberikan gerakan-gerakan dari setiap kalimat yang ada dalam buku cerita tersebut. Menggunakan bahasa tubuh juga bisa membuat anak Anda senang dan mungkin tertawa terbahak-bahak.

5. Ajak anak berdiskusi

Setelah mendongengkan anak, ada baiknya berdiskusi pada anak mengenai cerita yang sudah dibacakan. Buat pertanyaan dan arahkan anak, seperti “Kalau dia berbuat seperti itu, baik atau tidak?” Tunggu sampai anak itu menjawab kemudian luruskan jawabannya agar ia mengerti mana yang baik dan buruk.

Membacakan cerita atau berdongeng akan banyak manfaatnya untuk si anak, seperti membantu perkembangan bicara, membantu meningkatkan IQ, dan membantu anak agar cinta dengan buku. Selain itu, hubungan yang baik juga akan tercipta di keluarga Anda bila rajin memberikan dongeng kepada si anak. (NR)


comments powered by Disqus