CiriCara: Cara Pintar Mengelola Gaji

by
September 11th, 2012 at 1:43 pm

CiriCara.com – Gaji yang baru diterima, namun pertengahan bulan sudah habis. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Sebagian orang mungkin memiliki pemikiran bahwa gaji yang diterimanya sangat kecil atau mahalnya berbagai barang kebutuhan.

Namun, jangan beranggapan seperti itu karena gaji selalu habis bisa saja terjadi bila Anda tidak pintar mengelola gaji yang diterima. Mau tahu bagaimana cara mengelola gaji yang benar? simak 7 tips berikut ini:

1. Ditabung terlebih dahulu

Kebanyakan orang menabung ketika sisa gaji hampir habis, hal ini merupakan pemikiran yang salah. Saat ini mulailah menabung ketika Anda baru saja gajian. Bila perlu, buat rekening baru tanpa menggunakan ATM atau ikut program tabungan rencana yang ada di hampir setiap bank. Tujuan gaji harus ditabung dahulu adalah agar tidak membuat Anda boros.

2. Membuat anggaran belanja

Membuat anggaran belanja adalah keharusan karena untuk mengontrol pengeluaran Anda pada setiap bulannya. Anda harus memisahkan kewajiban, seperti hutang dan cicilan. Namun, pisahkan juga berbagai kebutuhan yang harus dibeli pada setiap bulannya. Anda juga perlu membuat berbagai pos di dalam anggaran belanja tersebut, seperti pos kesehatan, kecantikan, liburan, pakaian, dan lain sebagainya.

3. Disiplin dalam perencanaan keuangan

Jika Anda sudah membuat perencanaan keuangan, maka harus disiplin dengan hal itu. Jangan sampai uang yang  Anda simpan, dipakai untuk bersenang-senang. Bila hal ini terjadi, maka Anda sendiri yang rugi.

4. Belanja seperlunya

Berbagai keperluan yang harus dibeli setiap bulannya tentunya harus Anda catat terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar pengeluaran tetap bisa terkontrol. Anda harus membelanjakan uang tersebut dengan bijak dan sesuai dengan pos-pos yang ada dalam catatan anggaran belanja.

5. Batasi penggunaan kartu kredit

Jangan memiliki lebih dari dua kartu kredit di dalam dompet bila tidak bisa mengontrol penggunaannya. Gunakan kartu kredit seperlunya saja agar Anda tidak terbebani saat membayarnya. Bila Anda memiliki banyak kartu kredit di dompet, maka akan membuat boros dan menghabiskan gaji saja.

6. Jangan remehkan uang receh

Uang receh sering kali dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal, uang receh itu sangat berguna bila Anda menyimpannya. Uang receh yang sering Anda terima sebagai uang kembalian bisa dipergunakan untuk membayar parkir, membeli camilan, dan lain sebagainya.

7. Investasi

Ada baiknya untuk menginvestasikan gaji yang sudah Anda terima, seperti mengikuti asuransi, bermain reksadana, dan mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Dengan menginvestasikan sebagian gaji sama saja seperti Anda menabung disiplin karena setiap bulannya Anda harus membayar.

Bila gaji dikelola dengan benar, maka kehidupan Anda di masa yang akan datang tidak mengalami kesulitan. Selain itu, mengelola gaji yang benar juga bisa membuat Anda terhindar dari pemborosan. (NR)