Duh! Arena PON 2012 Dipenuhi Asap Rokok

by
September 11th, 2012 at 2:31 pm

Pekanbaru (CiriCara.com) – Arena Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 Riau telah dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara (AC). Itu artinya, tidak ada yang boleh merokok saat berada di dalam arena. Namun, kenyataannya sejumlah arena justru dipenuhi asap rokok. Duh!

Seperti yang dilansir Tribunnews, sejumlah penonton yang duduk di tribun bagian atas terlihat tengah asyik menghisap tembakau berbahaya itu. Meski ruangannya sudah ber-AC, tidak terlihat adanya papan larangan merokok di arena. Arena yang dimaksud adalah arena di Sport Center Rumbai.

Selain itu, di beberapa venue basket juga terlihat pemandangan yang serupa. Sejumlah penonton dengan bebasnya merokok. Bahkan, sebagian diantara mereka merupakan petugas keamanan dan panitia berseragam lengkap. Tidak terlihat adanya panitia yang menegur penonton yang sedang merokok itu.

“Tidak ada petugas yang melarang. Kami merokok saja pas petugas lewat nggak ditegur,” tutur Dedi salah satu penonton yang merokok di arena senam PON 2012 kepada Tribunnews, Selasa (11/9/2012).

Sementara itu, perokok bernama Indra mengaku merokok karena tidak menemukan adanya papan larangan untuk merokok. Karenanya dia menilai diperbolehkan merokok karena tidak ada larangan. “Tulisan larangan merokok juga tidak ada, makanya kami di sini merokok aja,” tutur Indra.

Salah satu penonton yang merasa terganggu dengan asap rokok, Vina, menuturkan tidak ada petugas yang memberikan tindakan tegas pada penonton yang ketahuan mrokok. Padahal menurutnya ruangan olahraga seperti di PON ini tidak boleh untuk merokok.

Sementara itu, salah satu petugas PON 2012 yang ada di sekitar arena beralasan sudah sering memberikan teguran. Namun, teguran itu tidak digubris oleh sejumlah perokok yang tetap bandel merokok di dalam arena pertandingan.

Berdasarkan pengakuan petugas itu, patroli rokok di dalam arena terus dilakukan. Langkah tersebut digunakan untuk mengontrol para penonton yang merokok di tribun penonton. Bagi yang kedapatan merokok, petugas akan langsung meminta penonton tersebut keluar dari lingkungan arena. (YG)

Comment di sini