Jangan Mengonsumsi 7 Makanan Ini Sebelum Tidur!

by
September 11th, 2012 at 9:37 am

CiriCara.com – Asupan makanan yang Anda konsumsi tiap harinya tentunya akan memberikan dampak pada kesehatan tubuh. Namun, dampak tersebut bisa baik maupun buruk. Dampak baik bisa didapat bila Anda mengonsumsi makanan sehat dan memiliki vitamin yang diperlukan tubuh. Dan dampak buruk didapat bila Anda mengonsumsi makanan yang tidak diperlukan tubuh.

Makanan yang dikonsumsi akan berdampak buruk bagi kesehatan bila Anda mengonsumsinya tidak tepat pada waktunya, seperti pada malam hari. Sebagian orang merasa lapar pada malam hari sehingga membuat mereka untuk segera makan. Namun, mengonsumsi makanan yang tepat pada malam hari sangat diperlukan agar membuat tidur Anda nyenyak. Bila mengonsumsi makanan yang salah, tentunya akan membuat Anda gelisah dan tidurpun menjadi tidak nyenyak. Mau tahu makanan apa saja yang dilarang untuk dimakan sebelum tidur? Dicuplik dari Allwomanstalk, inilah 7 makanan tersebut:

1. Cokelat

Cokelat memiliki zat yang berfungsi menenangkan dan memunculkan perasaan senang, namun bukan makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Dark chocolate kaya akan antioksidan yang mengandung kafein dan gula yang berlebih. kandungan kafein tersebut bisa menjadi stimulan sehingga bisa membuat Anda susah tidur.

2. Keju

Keju merupakanan salah satu makanan yang tidak baik dikonsumsi sebelum tidur. Makanan yang berlemak dan berkalori tinggi ini bisa membuat tubuh semakin gemuk dan membuat Anda menjadi susah tidur karena perut terasa mual dan penuh. Bagi Anda penderita maag, keju juga sangat tidak baik dikonsumsi sebelum tidur.

3. Makanan yang banyak mengandung gula

Makanan yang banyak mengandung gula ini, seperti cookies, permen, atau es krim. Makanan tersebut  bisa menaikkan gula darah dan menambah energi yang tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Bila Anda mengonsumsinya, maka bisa membuat Anda mendengkur saat tidur. Anda harus mencari alternatif lain bila pada malam hari ingin makan yang manis-manis. Alternatif itu yaitu makan buah-buahan.

4. Hamburger

Salah satu makanan junk food yang lezat ini sangat tidak baik dikonsumsi sebelum tidur. Alasannya adalah  makanan ini memiliki kalori dan lemak yang tinggi dan bisa membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. 

5. Kentang goreng

Rasanya yang gurih memang sangat enak bila dimakan pada malam hari. Namun, kentang goreng merupakan salah satu makanan yang tidak baik juga bila dikonsumsi sebelum tidur. Kandungan lemaknya akan mengendap dan membuat berat di perut saat akan tidur. Bila Anda ingin memakan makanan yang gurih, maka makanlah almond atau biskuit gurih saja.

6. Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk tubuh. Namun, tidak baik dikonsumsi bila hendak pergi tidur karena makanan ini akan membuat Anda banyak mengeluarkan gas dan tidak bisa tidur nyenyak.

7. Keripik pedas

Keripik pedas memang enak dimakan untuk dijadikan camilan sebelum tidur. Rasanya yang pedas dan membuat ketagihan itu ternyata bisa menyebabkan heartburn (rasa panas pada dada) dan membuat perut mulas.

Selain ketujuh makanan tersebut, ternyata ada minuman juga yang membuat Anda tidak bisa tidur, antara lain kopi dan minuman beralkohol. Bila Anda ingin tidur yang nyenyak pada malam hari, maka hindarilah ketujuh makanan dan kedua minuman tersebut. Namun, ada juga beberapa asupan yang baik dikonsumsi sebelum tidur, yaitu kedelai, gandum utuh, susu hangat rendah lemak, buah, dan sayur. (NR)

Comment di sini