Kamboja Diserang Anonymous, 5.000 Dokumen Negara Dibocorkan

by
September 11th, 2012 at 11:51 am

Jakarta (CiriCara.com) - Awal bulan ini, tersiar berita tentang pendiri PirateBay Gottfrid Svartholm yang tertangkap di Kamboja. Rumor belakangan menyebutkan bahwa ada pertukaran uang jutaan dolar dari Swedia untuk pemerintah Kamboja dalam penangkapan tersebut.

Hari ini, Gottfrid telah dideportasi ke Swedia dan secara bersamaan, kelompok Anonymous menyatakan telah membajak  situs pemerintah Kamboja dan membocorkan lebih dari 5.000 dokumen negara. Serangan tersebut mengarah ke situs Departemen Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Kamboja.

Tidak hanya itu, dokumen yang dibocorkan tentu saja berpengaruh terhadap beberapa negara selain Kamboja. Seperti dilaporkan Insider, dalam operasi yang dinamai Free Gottfrid #OPTPB tersebut, ribuan dokumen berhasil didapatkan. Tak hanya itu, mereka juga meng-upload dokumen hasil pembajakan ke situs berbagi yang bisa di-download secara gratis oleh siapa saja.

Anda bisa melihat dokumen-dokumen tersebut di sini, atau mengunduhnya di situs berbagi DepositFiles yang dibagi menjadi dua berkas: 161MB dan 230MB.

Dalam surat pernyataannya, Anonymous menuntut agar Gottfrid dibebaskan dan situs ThePirateBay (TPB) tidak diganggu gugat.

Anda akan menemukan banyak berkas terkait pihak-pihak yang berwenang dalam perdagangan obat Nepal dan Kamboja, tentara, konsulat, dokumen rahasia dari Ukraina dan Kyrghyztan, Belarusia, India, dan lain-lain. Juga termasuk sertifikat internet banking kepunyaan mereka.

Tabahlah, brother! kami akan kubur mereka!
Bebaskan Gottfrid! Jangan ganggu TPB!

Sementara itu, belum ada keterangan resmi dari pemerintah Kamboja terkait serangan ini. Sedangkan kondisi Gottfrid juga belum jelas, namun ia dipastikan berada di Swedia. Seorang petugas polisi mengatakan kepada Seattle Times bahwa Gottfrid sudah diterbangkan pada Senin (10/9) malam. (dd)

Comment di sini