Karena Membelot, Atlet Aeromodelling Dicoret dari PON 2012

by
September 11th, 2012 at 9:09 am

Riau Daily Photo

Jakarta (CiriCara.com) – Kasus mengenai pembelotan atlet ditemukan dalam PON 2012 kali ini. Walau kasus pembajakan atlet dapat ditemukan dimana saja namun baru sekali ini terdapat kasus pencoretan atlet dari Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XVIII tahun 2012 karena persoalan administrasi.

Atlet aeromodeling yang mewakili Sumatera Selatan, Nanang R. Hidayat terpaksa dicoret karena kasus transfer atau perpindahan dari Provinsi Banten ke Sumatera Selatan saat mengikuti PON 2012 ini. Dengan keputusan ini maka impian Nanang untuk meraih medali emas seperti empat tahun lalu di Kalimantan Timur pun gagal.

Dilansir dari Detik.com, pencoretan Nanang dari daftar atlet PON 2012 ini dilakukan oleh Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI) melalui sidang kasus transfer atlet ini dua minggu lalu. Melalui sidang tersebut, BAORI memutuskan jika Nanang tak berhak untuk mengikuti PON yang diselenggarakan 9-20 September 2012 karena telah menyalahi peraturan tentang transfer atlet.

Padahal ketika pra-PON berlangsung, Nanang sudah mewakili Provinsi Sumatera Selatan dan dinyatakan lolos kualifikasi. Di sisi lain, pihak Banten juga tidak menyampaikan protes dan keberatan tertulis mengenai pencoretan atlet tersebut.

Melalui Surat Keputusan Nomor 16/P.BAORI/IX/2012 berdasarkan keputusan BAORI dan KONI Banten, Nanang resmi dilarang untuk mengikuti PON Riau karena melanggar ketentuan domisili yang diatur dalam Surat Keputusan KONI Pusat Nomor 56 Tahun 2010.

Peraturan ini menyebutkan agar setiap peserta PON untuk berdomisili minimal dua tahun di daerah yang akan dibelanya sebelum PON dilangsungkan. Sedangkan Nanang belum genap dua tahun tinggal di Sumatera Selatan, sehingga kasusnya dianggap sebagai kasus mutasi atlet.

Keputusan yang dijatuhkan atas Nanang ini membuat pihak Sumatera Selatan marah dan mengajukan protes ke KONI pusat karena atlet aeromodeling tersebut tidak dapat menyumbangkan satu emas pun bagi Sumatera Selatan.

(RN)

Comment di sini