Pilkada DKI: Warga Betawi Banjir “Ancaman”

by
September 11th, 2012 at 11:41 am

Jakarta (CiriCara.com) – Pilkada DKI Jakarta putaran kedua nampaknya akan berlangsung panas. Pasalnya warga Jakarta khususnya orang Betawi, mereka diminta untuk mendukung calon dari Betawi. Bahkan, mereka bisa dianggap berkhianat jika tidak memilih wakil dari Betawi.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang akrab dipanggil Foke berencana mencabut kartu tanda penduduk (KTP) warga Betawi yang tidak mengusung pasangan Foke-Nachrowi Ramli (Nara). Ia yakin, warga Betawi tidak akan ada yang membelot.

“Saya enggak percaya orang Betawi enggak kompak. Tetapi kalau memang ada yang nekat, kasih tahu saya. Nanti saya cabut KTP-nya,” kata Foke di acara Lebaran Betawi di lapangan eks gedung Djabesmen, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (10/9/2012) kemarin.

Sebelumnya, calon wakil Gubernur DKI Nachrowi Ramli juga mengingatkan warga Betawi untuk memilih pasangan Foke-Nara. Cawagub yang akrab disapa Nara ini bahkan menyerukan agar orang Betawi yang tidak memilihnya untuk pergi dari tanah Betawi.

“Saya ingatkan pada kaum Betawi, tidak ada pilihan lain selain satu untuk semua. Pada tanggal 20 September, silakan keluar dari Betawi jika tak pilih orang Betawi,” ucap Nachrowi Ramli alias Nara dalam acara Lebaran Betawi.

Pada Pilkada DKI Jakarta putaran pertama, pasangan Foke-Nara kalah dari pasangan nomor urut tiga, Jokowi-Ahok. Pasangan yang diusung partai Demokrat ini hanya mampu duduk di posisi kedua setelah Jokowi-Ahok.

Berikut hasil perolehan suara di Pilkada DKI putaran pertama:

1. Jokowi-Ahok:         1.847.157 suara (40,60 persen)
2. Foke-Nara:            1.476.648 suara (34,05 persen)
3. Hidayat-Didik:           508.113 suara (11,72 persen)
4. Faisal-Biem:             215.935 suara (4,98 persen)
5. Alex-Nono:               202.643 suara (4,67 persen)
6. Hendardji-Riza:         85.990 suara (1,98 persen)

Untuk Pilkada DKI putaran kedua ini, hanya ada dua pasangan saja yang berhasil lolos. Pasangan Foke-Nara dengan Jokowi-Ahok akan bersaing mendapatkan suara terbanyak di Pilkada DKI putaran kedua. (YG)

Comment di sini