PON 2012 Kacau, Andi Mallarangeng Diminta Introspeksi

by
September 11th, 2012 at 2:43 pm

Jakarta (CiriCara.com)Anggota Komisi X DPR Zulfadhil meminta Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi  Malarangeng untuk mengintrospeksi diri terkait beberapa kejadian buruk yang dialami oleh bidang olahraga Indonesia beberapa tahun terakhir.

Kejadian buruk terakhir yang mencuat adalah dengan adanya ketidakberesan pelaksanaan Sea Games dan Pekan Olahraga Nasional (PON). Selain itu menurut Zulfadhil, kinerja kementerian olahraga dalam menjalankan beberapa event olahraga lain juga tidak pernah benar-benar berhasil.

Prestasi Indonesia setelah Andi Mallarangeng menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga pun tidak pernah meningkat bahkan cenderung menurun. Yang lebih buruk lagi adalah saat banyaknya kasus korupsi terkait proyek-proyek negara yang berhubungan dengan bidang olahraga.

Dugaan korupsi mencuat ketika beberapa insiden terjadi di lapangan seperti amblasnya Gedung Olahraga Hambalang dan ambruknya kanopi di lapangan tenis Riau sebelum sempat dipakai.

“Semestinya Menpora sudah introspeksi dan mengevaluasi diri. Bahwa, sekian tahun kinerja kementerian itu memburuk, pelaksanaan event-event semakin tak beres,” kata Zulfadhli di Jakarta seperti dikutip dari Detik.com.

Zulfadhli hanya mengkritik kinerja Menpora tersebut karena hak prerogratif penunjukkan anggota kabinet sepenuhnya dipegang oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Zulfadhli yang juga merupakan politisi asal Partai Golkar juga menekankan agar pejabat eksekutif Indonesia seperti Menpora meniru etika yang dimiliki oleh pejabat di  negara maju dengan cara mengundurkan diri untuk menebus kegagalan yang diperbuatnya.

“Saya pikir presiden juga tak buta dan pasti tahu kinerja menteri ini. Cuma memang perlu kesadaran. Kalau niat memperbaiki, tapi tak mampu, mestinya mengundurkan diri,” tegas Zulfadhli, dilansir dari sumber yang sama.

Pada kesempatan itu juga, Zulfadhli juga menambahkan agar aparat penegak hukum sebagai auditor negara segera mengusut kasus dan kejadian buruk yang terjadi di dunia olahraga termasuk kasus venues Riau yang menyebabkan sebagian gedung olahraga di sana tidak bisa dipakai.

(RN)

Comment di sini