10 Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan

by
September 12th, 2012 at 10:08 am

CiriCara.com – Teh hijau merupakan nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi atau bisa juga diartikan minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut. Teh hijau sudah dikenal orang sejak beribu-ribu tahun yang lalu, khususnya oleh masyarakat Jepang. Di Jepang ada berbagai macam jenis teh hijau, seperti gyokuro, matcha, sencha, genmaicha, dan lain sebagainya.

Sebagian orang percaya bahwa dengan meminum teh hijau akan ada banyak manfaatnya untuk tubuh. Mau tahu apa saja khasiat dari teh hijau? Simak 10 khasiat berikut ini yang dicuplik dari Preventionindonesia.com:

1. Menghalangi pertumbuhan sel kanker

U.S. National Cancer Institute mengatakan bahwa kandungan katekin dalam polifenol yang terdapat pada teh hijau memiliki peranan penting untuk pencegahan kanker. Selain itu, penelitian lain menyimpulkan bahwa kandungan oksidan tak aktif polifenol juga bisa mengurangi jumlah dan ukuran tumor serta menghalangi pertumbuhan kanker.

2. Mencegah aterosklerosis

Kandungan antioksidan dalam teh hijau dipercaya untuk mencegah penumpukkan lemak di dalam pembuluh darah dengan menekan proses oksidasi kolesterol jahat. Selain itu, kandungan oksidan juga membantu pembuluh darah menjadi rileks sehingga dapat melancarkan aliran darah.

3. Menjaga kadar kolesterol baik

Sebuah penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa teh hijau bisa menurunkan kolesterol secara keseluruhan dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada manusia maupun hewan. Polifenol pada teh hijau juga membantu menghalangi proses penyerapan usus dan melancarkan pengeluarannya dari dalam tubuh.

4. Membantu mengendalikan diabetes

Sebagian orang di Indonesia mempercayai teh hijau bisa mengendalikan gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau bisa membantu pengaturan glukosa dalam tubuh.

5. Membantu menurunkan berat badan

Sebagian wanita menganggap dengan meminum teh hijau bisa menurunkan berat badannya. Hal ini terbukti benar karena ekstrak teh hijau mampu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak yang ada dalam tubuh. Kandungan polifenol, khususnya katekin juga dipercaya bisa membantu proses pembakaran lemak. Namun hanya disarankan untuk meminumnya 2-3 cangkir saja per harinya.

6. Meningkatkan sistem daya tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh The Brigham and Women’s Hospital mengatakan bahwa kandungan teanin dalam teh hijau meningkatkan kapasitas sel Gamma Delta T untuk melawan penyakit dan membantu mencegah terjadinya infeksi.

7. Memperkuat sistem pencernaan dan pernafasan

Kandungan bioflavonoid yang ada dalam teh hijau ternyata bisa memperkuat sistem pencernaan dan pernafasan. Selain itu, dengan meminum teh hijau juga bisa melancarkan buang air besar Anda.

8. Rileksasi

Bila meminum secangkir teh hijau panas, maka Anda akan merasakan rileks karena di dalam teh hijau terdapat kandungan asam amino L-teanin.

9. Meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian di China menyatakan bahwa teh hijau baik untuk kesehatan otak. Senyawa kimia yang ada dalam teh hijau mampu mendorong pertambahan sel-sel otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan pembelajaran visual bagi orang yang meminum teh tersebut secara rutin.

10. Menjauhi risiko terkena flu

Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan meminum 2 cangkir teh hijau setiap harinya mampu menjauhi risiko orang terkena flu hingga 70%. Selain itu, peneliti Jepang yang bernama Hiroshi Yamada, MD, Ph.D. menemukan dua zat utama dalam teh hijau yakni katekin dan teanin yang sangat berguna untuk melawan penyakit.

Kandungan yang ada dalam teh hijau memang terbukti bagi kesehatan dan membantu metabolisme tubuh. Namun, perlu diingat juga untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Anda hanya disarankan untuk meminum teh hijau sebanyak 2-3 cangkir per harinya. (NR)

Comment di sini