CiriCara: 5 Cara Agar Lolos Menjadi Pramugari

by
September 12th, 2012 at 1:09 pm

CiriCara.com – Saat ini pramugari merupakan profesi yang diimpikan bagi sebagian perempuan yang baru saja lulus SMA atau kuliah. Penghasilan yang dimiliki seorang pramugari mampu melebihi orang bekerja yang telah lulus sarjana, S2, atapun PNS karena itu banyak perempuan yang bercita-cita menjadi seorang pramugari.

Menjadi seorang pramugari tentunya akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti bisa jalan-jalan gratis, keliling dunia, menginap di hotel bintang 4, mempelajari budaya negara lain, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang ingin mencoba daftar menjadi pramugari, sebaiknya simak cara berikut ini agar Anda bisa lolos seleksi dan menjadi seorang pramugari. Berikut 5 cara yang CiriCara.com dapat berikan:

1. Harus sehat jasmani dan rohani

Bila ingin diterima menjadi pramugari, maka Anda harus sehat jasmani dan rohani dahulu. Anda tidak akan lolos bila mengidap salah satu penyakit berat, seperti jantung atau penyakit berat lainnya. Bila akan mendaftar menjadi seorang pramugari, maka Anda diharuskan untuk mengecek kesehatan (medical check-up) terlebih dahulu. Penampilan fisik juga menentukan Anda lolos atau tidaknya, yaitu harus memiliki tinggi minumum 160 cm atau malah ada yang mensyaratkan 165 cm dengan badan yang proposional.

2. Jangan berdandan berlebihan

Berpenampilan menarik ketika ingin menjadi seorang pramugari bukanlah terlihat cantik dan seksi. Namun, seorang pramugari harus berpenampilan menarik dalam hal tingkah lakunya. Berdandan boleh saja bila pada saat interview, namun jangan berdandan yang berlebihan layaknya seorang model atau aktris. Pewancara akan melihat gaya bicara, sopan santun, keramahan, dan tingkah laku Anda. Jika ingin diterima untuk menjadi seorang pramugari, buanglah jauh-jauh sifat dan sikap buruk yang ada pada diri Anda.

3. Memiliki kemampuan akademik

Syarat akademik bila ingin menjadi seorang pramugari adalah Anda harus mampu berbahasa inggris yang baik dan lolos psikotest. Kedua hal tersebut harus benar-benar Anda kuasi karena seorang pramugari nantinya akan berhadapan langsung dengan para penumpang lokal maupun asing. Para penumpang yang ada di dalam pesawat harus juga dilayani dengan baik dan ramah. Bila Anda masih belum menguasai kedua hal tersebut, maka bisa belajar terlebih dahulu dengan kursus bahasa inggris dan membeli buku psikotest terlebih dahulu.

4. Harus percaya diri saat diwawancara

Ketika Anda datang untuk melamar menjadi pramugari, tentunya akan diwawancarai terlebih dahulu. Biasanya wawancara dilakukan setelah Anda lolos sehat jasmani dan rohaninya. Pada saat diwawancara, lakukanlah hal wajar dengan senyum natural setiap menjawab pertanyaan. Pewancara akan melihat bagaimana fleksibilitas, keramahan, sopan santun, dan tingkah laku Anda. Jangan menunjukkan bahwa Anda berpendidikan tinggi, berasal dari keluarga kaya, punya gengsi tinggi, dan gaya hidup yang mahal karena akan membuat Anda menjadi tidak lolos menjadi pramugari.

5. Mencari informasi mengenai pramugari

Agar bisa menjadi pramugari, Anda juga perlu mencari informasi mengenai hal tersebut, seperti bertanya kepada teman yang sudah menjadi pramugari, membaca novel yang berhubungan dengan pramugari, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa mempelajari dahulu agar lolos seleksi dan menjadi seorang pramugari yang ramah dan cerdas.

Perusahaan penerbangan biasanya mencari pramugari yang mudah dibentuk atau diberi pengarahan untuk menjadi pramugari maskapainya. Untuk itu, tunjukkan kemampuan Anda dan terapkan 5 cara di atas agar Anda bisa menjadi seorang pramugari dan mewujudkan cita-citanya. Selamat mencoba. (NR)