Mau Belanja? Jawab Dulu Pertanyaan Ini

by
September 12th, 2012 at 3:30 pm

CiriCara.com – Sebagian orang mengatakan bahwa sulitnya menahan nafsu untuk berbelanja. Siapa yang tak suka berbelanja? Berbelanja merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan walaupun bisa membuat kantong kamu jebol. Hasrat berbelanja bila selalu dituruti tentunya akan membuat hidup kamu boros dan kesulitan di masa yang akan datang.

Apabila ada barang yang lucu dan kamu ingin membelinya, maka jawab dahulu pertanyaan berikut ini yang dicuplik dari majalah Cosmopolitan:

1. Apakah kamu harus membelinya?

Tidak semua barang yang bagus harus kamu miliki. Barang yang bagus belum tentu akan bermanfaat untuk diri kamu. Namun, barang yang dijual di toko-toko juga tidak semuanya dapat kamu beli karena akan lebih efektif penggunaannya bila kamu menyewa saja di tempat penyewaan. Misalnya, kaset DVD, buku, dan lain sebagainya.

2. Sudahkah kamu membandingkan harganya?

Ketika ada hasrat untuk berbelanja, ada baiknya tunggu sampai barang tersebut diskon atau Anda bisa menahannya sebentar untuk membandingkan harganya di toko lain. Harga murah yang bisa kamu dapat selain dari potongan harga juga bisa didapat dari kupon diskon. Saat ini banyak situs yang memberi kupon potongan harga untuk berbagai jenis produk.

3. Apakah kamu menyukainya dan membutuhkannya?

Sebelum membeli barang yang kamu inginkan, sebaiknya pikirkan dahulu. Pikirkan matang-matang mengenai manfaat barang tersebut. Bisa saja kamu membelinya karena barang itu lucu tetapi tidak akan digunakan.

4. Apakah kamu sanggup membayarnya?

Jika membeli barang dengan menggunakan kartu kredit atau mengambil pos keuangan lain, itu berarti kamu tidak punya uang. Sebaiknya jangan dipaksakan bila kamu dalam keadaan yang seperti itu.

5. Apakah sudah kamu tunda satu malam?

Belanja dalam keadaan emosional membuat kamu rela kehilangan uang berapa pun jumlahnya, untuk itu tundalah sehari saja untuk meredakan nafsu belanja. Mungkin saja esok hari kamu akan berubah pikiran.

Jika kamu lolos menjawab kelima pertanyaan tersebut dengan kata “Ya”, maka kamu boleh membeli barang yang diinginkan. Namun, perlu diingat juga agar tetap tidak berbelanja berlebihan karena bisa membuat hidup kamu melarat nantinya. (NR)

Comment di sini