PON 2012: Jabar Didiskualifikasi Akibat Kisruh PSSI

by
September 12th, 2012 at 9:01 am

Merdeka

Pekanbaru (CiriCara.com)Kekisruhan dualisme di tubuh PSSI berdampak buruk pada tim sepakbola Jawa Barat yang mengikuti PON ke-XVIII tahun ini.

Dalam pertandingan tim sepakbola Jawa Barat melawan tim Sumatera Utara, Jawa Barat memenangkan pertandingan, namun kemenangan ini tidak berlaku karena Jawa Barat harus didiskualifikasi dari cabang olahraga sepakbola PON 2012 Riau lantaran melanggar keputusan Sidang Dewan PON XVIII tahun 2012 ini.

Keputusan untuk mendiskualifikasi tim sepakbola Jawa Barat telah direncanakan saat tim ini melawan Gorontalo di laga terakhir pertandingan sepak bola. Seperti yang dikutip dari Wartanews.com berdasarkan Sidang Dewan Hakim PON 2012 pada Sabtu malam 8 September 2012 hingga 9 September 2012 memutuskan bahwa dua pertandingan yang dimainkan Jawa Barat di laga sebelumnya tetap sah.

Namun berdasarkan surat keputusan bernomor 03/DH-PON XVIII/2012, tim sepakbola asal Jawa Barat ini tetap dinyatakan gugur. Tim sepak bola Jawa Barat merupakan tim bentukan Pengprov pimpinan Bambang Sukowiyono yang dibentuk oleh Djohar Arifin bertentangan dengan surat keputusan yang menyatakan Tony Apriliani sebagai Ketua Pengprov PSSI Jabar resmi dengan mandat menjadi manajer tim dalam PON 2012.

 “Saya konsisten memegang keputusan KONI Pusat, BAORI, PB PON, dan Badan Keabsahan. Tim Jawa Barat yang tampil bukanlah tim yang sah karena mereka bukan berada di bawah kepengelolaan Pengprov PSSI Jabar yang saya pimpin” tegas Tony, dikutip dari sumber yang sama.

Dalam grup B yang ditempati oleh Jawa Barat, Sumatera Utara, Gorontalo dan Jawa Timur itu, Jawa Barat menempati urutan teratas sebagai juara grup. Karena kesalahan tim sepak bola Jawa Barat inilah, Jawa Timur dan Sumatera Utara yang kalah tetap bisa maju ke babak selanjutnya dalam PON 2012 Riau ini.

(RN)

Comment di sini