Profil Psy “Gangnam Style”, si Rapper Kocak

by
September 12th, 2012 at 8:03 pm

CiriCara.com – Kini, nama Psy sudah tidak asing lagi di telinga kamu, bukan? Penyanyi rap asal Korea Selatan ini sebenarnya memiliki nama asli Park Jae-Sang. Dia lahir pada tanggal 31 Desember 1977.

Rapper yang namanya melambung karena video klip kocak, “Gangnam Style” yang sengaja dibuatnya dan diunggah ke Youtube, telah menorehkan sejarah baru sebagai video musik Korea paling fenomenal yang paling banyak dilihat orang. Perhitungan terakhir menunjukan bahwa video klip tersebut telah ditonton oleh sekitar 150 juta orang di seluruh dunia.

Bagi kamu yang penasaran siapakah Psy itu, simak biografinya di bawah ini.

Psy sempat mengenyam pendidikan di bangku Universitas Boston, AS dan juga melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Musik Berklee, Massachusetts, AS.

Sebelumnya, pria berusia 34 tahun ini pernah bersekolah di Sekolah Dasar Banpo hingga tingkat menengah pertama (SMP), kemudian dia melanjutkan pendidikannya di SMA Sehwa.

Psy mengawali kariernya pada tahun 2001 dengan mengeluarkan album pertamanya yang diberi judul “PSY… From the Psycho World!” Melalui album itulah, dia lebih suka menggunakan nama panggung Psy yang sekarang semakin dikenal masyarakat luas. Bahkan, dia juga sempat mendapat julukan sebagai “Bizarre Singer” (Penyanyi Aneh) karena gaya tarian dan video-video klip-nya yang tergolong aneh.

Sayangnya, baru 5 bulan album tersebut berada di pasaran, beberapa kelompok mengajukan protes karena video-video klip dalam album tersebut dinilai membawa pengaruh buruk bagi generasi muda.

Sejak saat itu, Psy menjadi penyanyi kontroversial karena tekadnya yang kuat untuk memberikan sentuhan yang berbeda dari K-pop pada umumnya.

Akibat dari tekad dan gaya yang aneh dalam album-albumnya itu, album kedua yang diberi judul “Ssa 2″ dilarang untuk diperjual-belikan kepada anak-anak yang berumur di bawah 19 tahun.

Kehidupan pribadi Psy pun tidak jauh berbeda dengan karier albumnya. Pada tahun 2001, Psy sempat mendekam di penjara karena kedapatan memiliki ganja.

Akan tetapi, berbeda dengan album kedua dan pertamanya yang mengalami banyak kendala, album ketiga Psy yang berjudul “Champion” meraih sukses. Album tersebut dirilis beberapa bulan setelah ajang Piala Dunia.

Kemudian, kemunculan yang berikutnya melalui video klip “Gangnam Style” menjadikan namanya dikenal penduduk dunia. Bahkan, berkat kekonyolan yang dia tampilkan dalam video klip tersebut, dia berhasil bekerja-sama dengan pihak manajemen Justin Bieber.

Kini Psy tengah bersiap untuk mengukir sejarah baru bagi imej musik Korea.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Psy (Park Jae-Sang), kamu bisa follow Twitter-nya http://twitter.com/psy_oppa, dan add saja Facebook-nya http://www.facebook.com/officialpsy. (yk)

Comment di sini