Ini dia, 8 Hal Baru Yang Diusung iPhone 5

Jakarta (CiriCara.com) РiPhone 5 akhirnya resmi meluncur dan seperti produk baru pada umumnya, pasti membawa sesuatu yang baru. iPhone generasi ke-enam ini memang memiliki beberapa hal baru yang cukup signifikan dibanding iPhone pendahulunya.

Apa saja hal baru tersebut? Mari kita simak 8 hal baru yang dibenamkan dalam iPhone 5:

1. Layar lebih lebar

Perubahan yang paling jelas terlihat dari iPhone 5 adalah layarnya yang lebih lebar. Masih mengusung teknologi retina display, layar ini memiliki aspek rasio 16:9 dengan resolusi 1.136×640 piksel. Apple juga mengkalim bahwa iPhone 5 memiliki tampilan warna yang lebih baik.

2. Konektivitas LTE

Engadget

iPhone 5 merupakan smartphone pertama besutan Apple yang mengusung teknologi Long Term Evolution (LTE) yang akan bekerja di jaringan AT&T, Verizon, Sprint, serta jaringan-jaringan lain. Untuk mengakomodasi banyaknya pita frekuensi di seluruh dunia, Apple harus meluncurkan iPhone 5 dalam tiga model di mana salah satunya mendukung jaringan CDMA.

3. Konektor Lightning

Konektor iPhone yang sejak meluncur pada 2003 lalu memiliki 30 pin, kini dipangkas menjadi 12 pin. Selain ukurannya yang 80% lebih kecil dari konektor sebelumnya, Lightning juga memiliki kelebihan lain yaitu dirancang reversible (dapat dibalik). Desain ini membuat Anda tidak mengalami kesalahan saat pertama kali mencoba menggunakannya.

4. Lebih ramping

Dengan ketebalan 7.6 milimeter dan bobot 112 gram, iPhone 5 digadang-gadang sebagai smartphone paling ramping dan ringan saat ini. Rahasia dari bentuk ini adalah teknologi mereka yang mampu menghemat banyak tempat seperti konektor lightning, kombinasi antara chip radio dan jaringan, serta elektroda layar sentuh yang terintegrasi ke dalam piksel.

5. Prosesor A6

Engadget

Apple mengklaim bahwa A6 memiliki kecepatan dan performa grafis dua kali lebih cepat dari prosesor A5 yang dibenamkan di iPhone 4S. Selain itu, A6 juga dirancang untuk menghemat baterai iPhone 5 sehingga sanggup menelepon hingga 8 jam dan memutar video hingga 10 jam.

6. Earpod

Namanya memang agak aneh, tapi Earpod memiliki rancangan baru yang sesuai dengan anatomi telinga manusia. Apple mengaku telah memindai ratusan telinga untuk mencari bentuk yang paling umum pada telinga manusia. Suara yang dihasilkan juga diklaim lebih baik dari earphone pada iPhone sebelumnya.

7. Kamera

Engadget

Meski sama-sama memiliki kamera 8 MP, ada beberapa perbedaan antara kamera pada iPhone 4S dengan iPhone 5. Pertama, iPhone 5 memiliki kamera depan dengan kualitas Facetime HD. Kedua, memiliki fitur Panorama mode yang dapat mengombinasikan beberapa gambar menjadi satu dengan kualitas 28 MP. Selain itu, kamera tersebut juga memiliki kecepatan proses gambar 40% lebih cepat, menghasilkan gambar lebih baik dalam keadaan gelap (low light), serta pengambilan gambar yang lebih stabil saat merekam video.

8. Siri

@nickbilton / CultOfMac.com

Siri yang dibenamkan pada iOS 6 telah belajar beberapa hal baru. Ia kini dapat diperintahkan untuk menjalankan aplikasi, mencari hasil pertandingan, bahkan mem-post tweet atau meng-update status Facebook. Siri terbaru ini juga akan hadir di The New iPod Touch. (dd)


comments powered by Disqus