CiriCara: 6 Cara Agar Anak Tidak Mengompol

by
September 13th, 2012 at 1:05 pm

CiriCara.com – Ketika anak sudah memasuki usia lima tahun, seharusnya anak itu sudah bisa mengatur panggilan alaminya untuk ke toilet. Dicuplik dari Republikaonline, Psikolog Sani. B Hermawan mengatakan bahwa idealnya setelah usia lima tahun anak harus sudah berhenti mengompol.

Kebiasaan mengompol anak pada setiap malamnya, terkadang malah membuat Anda memarahinya atau memberi hukuman kepadanya. Cara tersebut bukanlah cara yang tepat untuk menghentikan kebiasaan anak mengompol. Ada cara lain yang dapat Anda lakukan seperti yang dikutip dari Ghiboo.com berikut ini:

1. Atur asupan cairan

Biasakan anak untuk banyak meminum air putih pada siang hari dan mulai mengurangi asupan cairan bila ia hendak tidur. Pengaturan asupan cairan ini penting Anda terapkan kepada anak agar ia tidak mengompol. Bila sebelum tidur si anak banyak minum, maka nantinya ia akan mengompol.

2. Biasakan buang air kecil sebelum tidur

Terapkan kepada anak agar selalu buang air kecil ketika hendak pergi tidur. Selain itu, ajarkan ia juga agar selalu menyikat gigi dan mencuci muka sebelum tidur. Beri tahu ia kerugiannya bila tidak melakukan hal tersebut. Pantau setiap harinya agar si anak terbiasa dan tidak mengompol setiap malam.

3. Bangunkan pada jam-jam tertentu

Apabila Anda sudah tahu jadwal mengompol si anak, maka bangunkan ia untuk buang air kecil. Meskipun Anda tidak tega melakukan hal ini, namun harus tetap dilakukan agar si anak tidak selalu mengompol ketika sedang tidur.

4. Bicara baik-baik dengan anak

Ada banyak kasus di mana si anak berhenti mengompol setelah diajak bicara baik-baik dengan orangtuanya. Sebelum si anak hendak pergi tidur, sebaiknya Anda bicara terlebih dahulu padanya. Misalnya, “Kalau nanti malam mengompol, kamu tidak akan mama belikan mainan.” Ajak bicara baik-baik dan dari hati ke hati agar si anak mengerti.

5. Beri dukungan

Jangan pernah memarahi ataupun memberi hukuman kepada si anak karena bisa membuatnya cemas dan depresi. Bila si anak menjadi seperti itu, maka ia pun menjadi pendiam, pemalu, dan akan selalu mengompol setiap malam. Anda harus selalu memberikan dukungan agar ia termotivasi untuk tidak mengompol.

6. Beri pujian

Jangan pernah mempermalukan anak Anda atau membandingkan dengan anak lain. Hal ini malah akan membuat si anak akan selalu mengompol pada setiap malamnya. Anda harus memberikan ia pujian tentang keberhasilannya di hadapan orang banyak agar ia semakin termotivasi. Bila perlu, beri hadiah atau sesuatu barang untuk si anak.

Kebiasaan mengompol anak pada setiap malam sangat tidak baik bila dibiarkan. Karena lama-kelamaan anak itu menjadi terbiasa sampai ia berusia di atas 5 tahun. Sebagai orangtua yang menyayangi anaknya, cobalah cara di atas agar si anak tidak mengompol pada setiap malamnya dan ia dapat tidur dengan lelap. (NR)

Comment di sini