CiriCara: Cara Sukses Melamar Pekerjaan di Media Cetak

by
September 13th, 2012 at 4:43 pm

CiriCara.com – Bekerja merupakan aktivitas yang dilakukan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak jenis pekerjaan yang bisa Anda jalani, seperti pengacara, konsultan, perawat, teknisi, reporter, dan lain sebagainya.

Namun, ada sebagian orang yang ingin bekerja di perusahaan media cetak karena akan ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan, seperti bertemu dengan orang baru, melakukan kegiatan yang ekstrim, dan lain sebagainya. Sebelum Anda melamar pekerjaan di media cetak, sebaiknya pikirkan dahulu matang-matang mengenai kegiatan yang akan dikerjakan nanti. Untuk itu, simak tips berikut ini:

1. Mengetahui keinginan sendiri

Sebelum melamar pekerjaan di media cetak, sebaiknya ketahui dahulu keinginan Anda. Apakah mau menjadi wartawan, editor, desain grafis, atau yang lainnya. Gunanya adalah agar Anda dapat bekerja sesuai dengan keinginan dan tidak terbebani nantinya.

2. Melakukan evaluasi

Evaluasikanlah pengalaman yang sudah pernah Anda dapatkan sebelumnya. Pengalaman tersebut akan berguna nantinya untuk Anda bila akan melamar suatu pekerjaan. Bila Anda ingin melamar pekerjaan di media cetak, maka ceritakanlah pengalaman Anda yang berkaitan dengan media cetak kepada pewancara. Selain itu, Beri tahu juga kekuatan dan kelemahan yang Anda miliki.

3. Membaca

Membaca merupakan karakteristik seorang wartawan. Bila Anda memutuskan untuk bekerja di media cetak, maka Anda harus rajin membaca dan setidaknya memiliki keahlian khusus. Anda harus membiasakan diri untuk membaca berbagai media cetak, seperti koran lokal, koran kampus, novel, majalah, dan lain sebaagainya. Selain itu, Anda juga harus memiliki hobi atau kecintaan terhadap sesuatu, seperti olahraga, fashion, otomotif, dan lain sebagainya.

4. Memahami pasar

Perusahaan media cetak biasanya lebih tertarik pada entry level dengan keterampilan khusus pada pelaporan. Mengapa? Karena wartawan muda biasanya mempunyai berbagai kontak komunitas dan wawasan yang luas.

5. Siapkan surat lamaran

Setelah melakukan 4 cara di atas, lalu Anda harus mempersiapkan lamaran. Siapkan surat lamaran dan Curriculum Vitae Anda untuk dikirimkan ke perusahaan media cetak yang Anda mau. Pastikan semua informasi dalam surat lamaran dan CV tersebut sudah benar. Salah ejaan, kesalahan ketik, ketidakakuratan, dan ungkapan canggung bisa membuat Anda tidak diterima.

Kelima cara di atas juga bisa Anda terapkan bila ingin melamar pekerjaan selain di perusahaan media cetak. Agar diterima di perusahaan yang Anda inginkan dan sukses dalam karier, sebaiknya terapkan 5 cara di atas. Semoga bermanfaat. (NR)

Comment di sini