Balada Cowok Populer vs Cewek Murahan

by
September 14th, 2012 at 5:13 pm

CiriCara.com - Pepatah lama mengatakan, semakin banyak teman, maka semakin baik kualitas hidup kita. Oleh sebab itu, orangtua selalu mengajarkan agar anak-anaknya dapat mencari teman sebanyak mungkin.

Keberadaan teman menjadi sangat berarti ketika kita sedang menghadapi masalah. Teman bisa menjadi tempat mencurahkan hati. Teman bisa menjadi sandaran saat kita sedang membutuhkan.

Namun keberadaan teman memiliki arti berbeda bagi cowok dan cewek. Baik cowok maupun cewek, mereka cenderung lebih suka menjalin pertemanan dengan sesama jenis hingga membentuk kelompok. Di kalangan anak sekolah, kelompok-kelompok ini biasa disebut “geng”. Dalam hal ini, geng tidak berarti perkumpulan orang-orang yang acap melakukan tindakan tercela tetapi lebih seperti suatu kelompok yang terdiri dari orang yang memiliki kesamaan dalam hal tertentu.

Jumlah anggota “geng” cewek dan cowok biasanya berbeda. Satu geng cewek biasa dihuni oleh dua hingga tiga orang, sedangkan geng cowok dihuni lebih dari tiga orang. Yang pasti, geng cewek dianggotai oleh siswa cewek, demikian juga sebaliknya, geng cowok beranggotakan siswa cowok.

Kejadian yang jarang ditemui adalah satu geng dianggotai oleh cowok dan cewek.

Ketika di dalam satu geng terdapat satu orang cowok dan banyak cewek, orang luar pasti mengira ada yang salah dengan cowok tersebut. Bisa jadi orang-orang menganggapnya lebih feminin sehingga lebih nyaman berteman dengan kaum cewek. Tetapi mungkin juga dia dipandang sebagai cowok flamboyan yang merasa populer karena sering dikelilingi cewek.

Titel cowok populer yang ia dapatkan tentu membuatnya nyaman. Namun hal ini bertolak belakang dengan apa yang dialami seorang cewek yang tergabung dalam geng cowok.

Ketika seorang cewek rajin bercengkerama dengan teman-teman cowoknya, orang bisa-bisa menganggapnya sebagai cewek murahan. Apalagi jika pertemanan yang terjalin sudah sangat dekat sehingga interaksi yang terjadi terlihat amat intim.

Pertanyaannya adalah, kenapa ketika seorang cowok yang memiliki banyak teman cewek dipandang sebagai seorang yang populer tetapi saat cewek berteman dekat dengan banyak lawan jenisnya dianggap murahan? Kamu boleh setuju atau tidak, tapi inilah yang terjadi di dalam masyarakat.

Kata “murahan” terdengar amat mengerikan bagi para cewek. Meskipun ada pula yang enjoy saja menanggapi anggapan orang tentang dirinya, tak dapat dipungkiri ada pula yang merasa sakit hati karena ia tak merasa menjadi apa yang diucapkan orang-orang tersebut.

Apa yang menjadi kriteria cewek hingga dianggap murahan? Bagi banyak cewek, memiliki banyak teman cowok tentu tidak serta merta membuat mereka menjadi seorang yang murahan. Apakah mungkin karena tindak-tanduknya ketika sedang bersama teman-teman cowok mereka? Atau bisa jadi karena penampilan atau pilihan busananya?

Sebagai seorang cewek, tentu tidak enak dipanggil “cewek murahan” oleh orang lain yang tidak tahu pasti tentang kehidupan pribadinya.

Apakah salah bila seorang cewek berteman dengan banyak cowok dan terlihat akrab ketika tengah bersama mereka? Bagaimana menurutmu?

Comment di sini