Cara Menyikapi Hidup Ala “Wanita Terjelek Sedunia”, Lizzie Velasquez

by
September 14th, 2012 at 10:54 am

Daily Mail

CiriCara.com – Seorang yang dijuluki “Wanita Terjelek Sedunia”, Lizzie Velasquezberhasil menunjukan siapa dirinya yang sebenarnya.

Lizzie, gadis yang baru berusia 23 tahun ini mengalami sindrom kelainan sejak lahir. Sindrom yang langka ini hanya diderita oleh 3 orang di seluruh dunia, termasuk Lizzie.

Dia terlahir tanpa jaringan adiposa sehingga tubuhnya tidak memiliki jaringan lemak. Oleh karena hal tersebut, tubuhnya tidak dapat menyimpan nutrisi dari makanan dan energi. Alhasil, meski sudah memasuki usia dewasa sekarang ini, bobot tubuhnya hanya 27 kg dan tidak bisa bertambah.

Untuk mendapat energi yang sama dengan orang normal, Lizzie harus mengonsumsi makanan berkalori tinggi setiap 15-20 menit.

Seperti yang dilansir Daily Mail, anak pertama dari 3 bersaudara ini terlahir dengan tubuh yang sangat kurus sehingga ibunya harus memakaikan baju boneka padanya, karena ukuran baju bayi pun masih terlalu besar untuknya.

Selain itu, salah satu mata cokelatnya sudah berubah menjadi biru sejak usia 4 tahun, dan mata kanannya itu sudah tidak dapat melihat lagi, dan mata kirinya pun mulai mengalami keterbatasan jarak pandang.

Masa-masa Lizzie beranjak dewasa hingga sekarang ini, tidaklah mudah. Dia mengalami banyak gunjingan dan hinaan. Tak jarang dia juga menerima intimidasi (bullying) dari teman-teman sekolahnya, hingga julukan “Wanita Terjelek di Dunia” pun tersebar luas di internet beserta dengan foto-foto dirinya.

Lizzie mengaku itu merupakan masa-masa sulit dalam dirinya. Akan tetapi, dia kembali menyemangati dirinya untuk tidak berdiam diri dalam keterpurukan, melainkan tampil dan menunjukan siapa sebenarnya Lizzie Velasquez.

Pembalasan dendam atas semua hinaan tersebut dilakukannya melalui menerbitkan buku yang berjudul “Lizzie Beautiful”. Ini adalah buku pertamanya yang terbit tahun 2010. Kemudian, di awal bulan September 2012 ini, dia menerbitkan buku keduanya yang diberi judul “Be Beautiful, Be You”.

Yahoo

Selain itu, dia juga sudah menjadi pembicara andal untuk memotivasi orang-orang yang mengalami keterpurukan, hinaan, dan krisis percaya diri. Dia sudah menjadi motivator speaker selama 7 tahun dan tercatat sudah memberikan 200 workshop untuk mengatasi tantangan-tantangan hidup, dan keunikan yang memalukan.

Gadis yang lahir di San Antonio, Texas, AS ini juga mengenyam pendidikan di Universitas Texas, San Marcos, dengan jurusan komunikasi.

Hal ini membuktikan ketangguhan dirinya dalam menjalani kehidupan yang sulit, di mana dia memilih untuk tidak menyerah pada keadaan dan rasa minder karena keberadaan dirinya.

Hal tersebut diungkapkannya ketika dia tampil dalam acara tanya-jawab oleh Dr. Drew Pinsky, Lizzie mengatakan bahwa dia menemukan jawaban yang harus dia lakukan, yaitu menunjukan dan memperkenalkan siapa dirinya yang sebenarnya kepada semua orang, dan berkata “Halo, saya Lizzie. Mungkin kamu harus berhenti melihat, dan mulai belajar.”

Ungkapan tersebut sangat jelas maksudnya, yaitu lebih baik jika orang berhenti untuk mengomentari dan menghakimi keberadaan orang lain, dan mulai memperhatikan diri masing-masing sehingga mereka tahu apa yang dapat dilakukan terhadap dirinya untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

Inilah pelajaran hidup berharga yang dibagikan oleh Lizzie Velasquez. Dia memberikan teladan yang patut dicontoh.

Alih-alih, menyalahkan keadaan karena dia terlahir dengan sindrom langka yang tidak dapat didiagnosa dari awal, Lizzie memilih untuk menerima dirinya dan melihat ke dalam dirinya, apa yang dapat dia lakukan meski kondisi tubuh terbatas. Akhirnya, dia menemukan jawaban melalui kemampuan lain yang dapat dia kembangkan meski dia tidak secantik para model dan selebriti Hollywood.

Berikut ini cuplikan acara tanya-jawab Lizzie dengan Dr. Drew Pinsky

(yk)

Yahoo

Comment di sini