CiriCara: 5 Cara Agar Tetap Kaya di Hari Tua

by
September 14th, 2012 at 8:06 am

CiriCara.com – Mengatur keuangan bagi sebagian orang cukup sulit dilakukan karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan uang yang dimilikinya saat ini, tak sedikit orang yang memakainya hanya untuk berfoya-foya saja, seperti membeli baju baru, gadget canggih, barang elektronik terbaru, dan lain sebagainya.

Berbagai kegiatan tersebut padahal bisa membuatnya boros dan bisa membuatnya jatuh miskin di kemudian hari. Mengatur keuangan dengan baik sangat penting dilakukan agar di hari tua nanti Anda bisa duduk manis saja. Bila salah mengatur keuangan pada masa muda, maka masa yang akan datang mungkin Anda akan melarat. Ada berbagai cara untuk menyimpan uang Anda pada saat ini, seperti ditabung, diinvestasikan, dan lain sebagainya.

Namun, sebagian orang terkadang menyepelekan berbagai hal tersebut. Ada 5 cara lagi agar Anda bisa tetap memiliki uang atau tetap kaya di hari tua nanti. Dicuplik dari Mediaindonesia.com, inilah 5 cara tersebut:

1. Atur keuangan sebaik mungkin

Keuangan Anda setiap bulannya harus diatur sebaik mungkin. Jangan hanya gunakan uang untuk memenuhi keinginan relatif kecil saja, seperti membeli gadget, perlengkapan rumah tangga, kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya. Namun, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan di masa yang akan datang, seperti untuk menabung, membayar angsuran asuransi, dan lain sebagainya.

2. Tetapkan tujuan yang nyata

Anda harus menetapkan tujuan yang nyata agar tetap bisa kaya di masa yang akan datang. Tujuan itu, seperti adanya keinginan untuk membeli rumah atau mobil yang harganya miliaran rupiah. Dengan adanya keinginan tersebut, tentunya Anda akan bekerja keras dan menyimpan uang itu agar tercapainya keinginan Anda.

3. Mencatat dan menganalisis pengeluaran

Sebelum tidur, ada baiknya Anda mencatat dan menganalisis pengeluaran tiap harinya. Anda bisa menggunakan beberapa piranti lunak untuk mendapatkan hasil seakurat mungkin. Lalu, setelah dua bulan Anda harus juga menganalisis catatan pengeluaran dan tarik kesimpulan berapa banyak uang yang dihabiskan. Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan pengeluaran yang mungkin bisa dihindari.

4. Mengontrol anggaran

Pengeluaran Anda harus dikontrol setiap harinya agar tidak membengkak. Tahan keinginan Anda untuk berbelanja yang tidak penting atau mungkin hanya menyengkan hati sesaat saja. Lakukan berbagai cara agar bisa mencegah keinginan tersebut dan usahakan mengeluarkan uang sedikit mungkin pada tiap harinya.

5. Belanja sesuai budget

Hindari besar pasak daripada tiang. Artinya, jangan terlalu memaksakan diri mengikuti mode untuk membeli mobil yang mahal, pakaian yang bermerek, gadget yang canggih, dan lain sebagainya. Bila melakukan hal tersebut, maka utang Anda bisa-bisa akan bertambah.

Itulah 5 tips yang dapat Anda lakukan agar tetap memiliki uang di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat. (NR)

Comment di sini