CiriCara: Cara Agar Terbiasa Berolahraga

by
September 14th, 2012 at 1:05 pm

CiriCara.com – Untuk membuat tubuh tetap sehat, selain mengonsumsi makanan yang sehat Anda juga perlu berolahraga. Dengan berolahraga akan ada banyak manfaat yang bisa didapat, seperti mengurangi stres, meningkatkan energi, membuat tidur lebih nyenyak, dan menjaga berat badan Anda.

Namun, sebagian orang terkadang tidak melakukan olahraga karena kesibukannya menjalani hidup. Padahal bila tidak berolahraga terkadang tubuh malah menjadi lemas dan bisa membuat Anda mengidap berbagai penyakit. Aktivitas sesibuk apapun yang dilakukan tiap harinya harus tetap berolahraga agar tubuh selalu sehat dan bugar. Berolahraga tidak harus dengan alat-alat yang berat, namun Anda juga bisa lakukan yang ringan-ringan saja, seperti lompat tali, berenang, jogging, dan berkuda.

Jika Anda tidak terbiasa berolahraga, maka harus tetap dibiasakan. Namun, bagaimana cara membiasakan diri untuk berolahraga? Dicuplik dari Vemale.com, inilah 5 cara yang dapat Anda lakukan:

1. Menyelipkan olahraga di aktivitas sehari-hari

Jika Anda termasuk orang yang sangat sibuk, berangkat kerja pagi hari dan pulang larut malam, maka Anda harus menyelipkan olahraga di kantor. Buang kebiasaan Anda menggunakan lift pada saat di kantor dan ganti kebiasaan tersebut dengan menggunakan tangga. Cara ini tentunya dapat menguntungkan Anda karena bisa membakar kalori yang ada pada tubuh.

2. Bangun lebih pagi

Biasakan diri Anda untuk bangun lebih pagi. Ketika pagi hari udara masih sangat sejuk dan sangat efektif bila melakukan kegiatan, seperti berolahraga. Sebelum Anda mandi, sebaiknya lakukanlah jalan santai di sekitar rumah selama 30 menit. Alternatif lain bila tidak ingin berjalan santai, Anda bisa lompat tali atau jogging.

3. Jangan memberikan target

Hal yang paling sulit membiasakan diri pada olahraga adalah target yang Anda tetapkan. Dengan adanya target malah akan memberikan beban tersendiri dan tentunya membuat Anda malas untuk menjalaninya. Untuk itu, jangan biasakan memberi target bila Anda ingin rutin berolahraga.

4. Pilih olahraga yang disukai

Agar terbiasa berolahraga dan senang menjalaninya, alangkah baiknya untuk berolahraga yang Anda sukai. Pilih salah satu jenis olahraga yang paling disukai karena dengan begitu akan membuat Anda semangat menjalaninya dan menjadi terbiasa berolahraga. Lakukan olahraga yang Anda sukai tersebut setidaknya seminggu tiga kali agar badan tetap sehat.

5. Bergabunglah dengan komunitas olahraga

Ada baiknya Anda membentuk kelompok olahraga kecil untuk saling menyemangati agar dapat terbiasa dengan olahraga. Apabila Anda tergabung dalam komunitas olahraga, maka bisa menjalaninya dengan semangat dan menjadi terbiasa berolahraga karena jadwal yang sudah ditentukan.

Setelah mengetahui tips di atas, tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak berolahraga. Bagaimanapun juga olahraga harus tetap dilakukan minimal dua kali dalam seminggu. Tujuannya adalah agar tubuh tetap sehat dan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit. (NR)

Comment di sini