Gempa 6,1 SR Goncang Mentawai, Warga Panik

by
September 14th, 2012 at 3:11 pm

Ilustrasi

Padang (CiriCara.com) – Gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Pagai, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Gempa terjadi sekitar pukul 11.51 WIB, Jumat (14/9/2012) siang tadi.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat titik pusat gempa bumi berada di 3,51 derajat Lintang Selatan dan 11,32 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 83 kilometer. Lokasi gempa berada di 162 kilometer sebelah tenggara Kepulauan Mentawai.

Seperti dilansir Okezone, warga desa Sikakap berhamburan keluar rumah karena panik. Gempa yang terasa cukup besar itu membuat warga khawatir dan ketakutan kalau rumahnya ambruk. “Di Sikakap ini warga lari keluar rumah karena gempa cukup terasa kuat,” kata Sri Raju Taileleu, warga Sikakap.

Selain warga, 53 imirgan ilegal dari Sri Langka yang diinapkan di Gedung Olahraga Sikakap juga langsung berhamburan keluar. Akibatnya lanjut Raju, sejumlah polisi langsung bersiaga menjaga para imigran tersebut.

Menurut Raju, saat terjadi gempa air laut terlihat surut. Warga juga sempat bersiap-siap untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. “Namun, setelah mendapat kabar tidak ada tsunami, warga tidak ke bukit,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, kondisi di desa Sikakap sudah kembali normal. Sejumlah warga pun sudah mulai masuk ke dalam rumah masing-masing. Belum ada laporan apakah ada bangunan yang rusak atau tidak.

(YG)

Comment di sini