Pakar Teknologi Amerika: iPhone 5 tak begitu menarik

by
September 14th, 2012 at 2:45 pm

CiriCara.com - Akhirnya Apple resmi mengumumkan kemunculan iPhone 5. Ponsel cerdas ini tampak lebih tinggi dari iPhone 4s, adiknya. iPhone 5 juga diklaim lebih tangguh dan memiliki prosesor lebih canggih.

Seperti biasa, ketika Apple hendak mengumumkan produk terbaru, pasti ada rumor yang mengelilinginya, entah tentang desain, teknologi yang dipakai ataupun perkiraan harganya.

Banyak penggila gadget yang tak sabar ingin memegang langsung iPhone 5 ketika desas-desus mulai mencuat. Munculnya iPhone 5 tentu digunakan Apple sebagai senjata untuk mengalahkan saingan mereka seperti Samsung, HTC, ataupun Motorola.

Samsung yang terlibat perkara dengan Apple di pengadilan soal hak paten diketahui telah terlebih dahulu meluncurkan produk unggulan mereka yang terbaru, Samsung Galaxy S III. HTC juga telah menjual HTC One X, saingan SGS II pertengahan tahun ini.

Tetapi apakah benar iPhone 5 lebih hebat dari para pesaingnya? Berikut adalah pendapat dari para pakar teknologi dan gadget Amerika Serikat tentang iPhone 5:

Steve Wozniak yang ikut mendirikan perusahaan Apple bersama Steve Jobs mengutarakan harapannya akan iPhone 5. Ia berharap gambar di iPhone 5 bisa terlihat lebih bagus daripada SGS III.

“Kualitas gambar yang lebih baik akan sangat berarti karena saat aku menunjukkan gambar di dua ponselku, iPhone 4 dan SGS III, orang-orang selalu mengatakan gambar di SGS III itu lebih baik, bahkan gambar di Motorola Razr juga tampak lebih bagus,” ungkapnya.

Sementara itu Jessica Vasvellaro menulis di Wall Street Journal bahwa iPhone 5 tidak memiliki fitur yang dimiliki ponsel cerdas lain.”Beberapa orang mengatakan iPhone 5 merupakan sebuah lompatan yang besar. Tetapi iPhone 5 tidak mempunyai sejumlah fitur yang menjadi standar bagi ponsel cerdas lain seperti cara membayar tagihan lewat ponsel atau layar yang lebih besar,” tulis Jessica.

Shane Richmond menulis di The Telegraph, “Desain iPhone 5 baru akan jelas ketika kamu memegangnya dengan tanganmu sendiri. Pada kesan pertama, Apple telah menyajikan produk yang terlihat dan terasa sangat bagus.”

Namun, ia melanjutkan,  para penggemar SGS III, Lumia dan HTC One X tak akan melihat sesuatu yang benar-benar membuat ponsel mereka tampak ketinggalan zaman.

David Pogue lewat New York Times mengatakan bahwa konektor Lightning iPhone 5 memiliki desain yang amat bagus, namun perhatikan juga aksesori-aksesori lain seperti kabel penambah daya, dock, adaptor mobil, pengeras suara, dan lain-lain yang tak lagi kompatibel dengan iPhone saat ini.

Jesus Diaz dari Gizmodo mengatakan, Apple adalah rilisan yang amat baik, namun bukan merupakan ponsel revolusioner. Dan satu komentar dari Goss di Tech Radar mengucapkan, iPhone 5 bakal laris manis seperti kue, namun tidak akan mengguncangkan dunia teknologi dan tidak akan mengalahkan pesaingnya. (hp)

Comment di sini