Pembuat Film Kontroversial Innocence of Muslims Terungkap

by
September 14th, 2012 at 11:23 am

Time

CiriCara.comInnocence of Muslims, sebuah film kontroversial yang beredar di YouTube pekan ini mendapat reaksi keras dari berbagai belahan dunia. Lalu siapakah sutradara di balik film yang menyudutkan umat Muslim ini?

Dikutip dari Associated Press (AP) dalam Hufftington Post, pihak hukum telah mengidentifikasi Nakoula Bassely Nakoula sebagai pembuat film Innocence of Muslims yang menyebabkan kericuhan di seluruh penjuru dunia karena sarat dengan pesan anti-Islamnya.

Sebelumnya, Nakoula menyatakan bahwa dia berperan dalam film tersebut namun bukan sebagai sutradara. Dia menyangkal bahwa Sam Bacile-lah yang berperan sebagai sutradara, namun hal ini kemudian diragukan karena identitas Bacile tidak jelas. Selain itu, melalui penelusuran nomor telepon, Bacile dan Nakoula memiliki alamat yang sama.

Nakoula Basseley Nakoula yang berusia 55 tahun berkata pada Associated Press melalui sebuah wawancara di luar Los Angeles, Rabu, 12 September 2012 dengan menegaskan bahwa dia mengurusi keperluan logistik untuk perusahaan yang memproduksi Innocence of Muslims, film yang secara keseluruhan telah mengejek umat Muslim dan Nabi Muhammad SAW.

Secara global, film ini menjadi alasan kuat bagi sejumlah massa untuk menyerang tentara Amerika di Mesir dan Libya serta Kedutaan Besar Amerika di Yaman pada hari Kamis, 13 September 2012.

Informasi lain mengatakan bahwa Nakoula pernah melanggar hukum pada tahun 2010. Saat itu dia dinyatakan bersalah atas kasus penipuan karena telah memakai akun bank palsu dengan cara membobol nomor Social Security. Karena kesalahan ini, dia pernah dipenjara selama 21 bulan dan membayar denda senilai USD 790,000.

Menurut sumber terdekat Kantor Kejaksaan Distrik Los Angeles County, Nakoula Basseley Nakoula ditangkap oleh Departemen Kepolisian Daerah (Sherif) LA County pada 27 Maret 1997 karena kasus pembuatan methamphetamine. Dia dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman pada 3 November 1997 dengan satu tahun masa kurungan dan tiga tahun masa percobaan. Kantor Kejaksaan LA juga mengatakan bahwa dia pernah melanggar masa percobaan pada 8 April 2002 dan dihukum kembali selama satu tahun di penjara daerah.

Para pemeran di film Innocence of Muslims mengatakan bahwa mereka telah ditipu oleh seseorang bernama Bacile dengan mengatakan bahwa film tersebut sama sekali tidak mengangkat tema Islam. Seorang aktris bahkan menyatakan bahwa referensi yang sangat ofensif dalam film tersebut hanya berupa hasil dubbing dan bukan berdasarkan atas apa yang mereka baca. Sebelum berganti judul menjadi Innocence of Muslims film ini berjudul Dessert Warriors.

(RN)

The Hufftington Post

Comment di sini