Spesies Kera Mirip Burung Hantu Ditemukan di Kongo

by
September 14th, 2012 at 5:07 pm

CiriCara.com – Telah ditemukan spesies baru dalam kelas hewan primata. Menurut penduduk lokal, kera baru ini sudah dikenal dengan nama Lesula.

Keberadaan spesies baru ini diketahui setelah sang betina terlihat dipelihara oleh pemilik sekolah di Repulik Demokratik Kongo tahun 2007.

Uniknya, spesies ini memiliki wajah yang mirip dengan burung hantu. Bentuk mukanya juga terlihat lebih bulat dibandingkan kera pada umumnya.

John Hart/Daily Mail

Selain itu, kera ini juga memiliki warna yang berbeda dengan jenis kera umumnya. Bulu pada bagian wajah dan punggungnya bewarna hitam-keabu-abuan, serta ada sedikit warna kuning-keemasan.

Warna yang tidak kalah menghebohkannya adalah warna di bagian bokongnya. Para peneliti menemukan bokong kera ini berwarna biru. Sungguh spesies langka nan unik yang baru pernah ditemui.

Daily Mail

Lesula liar lainnya ditemukan hidup di pedalaman hutan Afrika dan diketahui bahwa mereka hanya makan batang pohon, buah-buahan, dan kuntum bunga.

Selama 28 tahun penjelajahan untuk menemukan spesies baru dalam hutan Afrika yang belum terjelajahi ini, baru 2 kali para peneliti menemukan kera warna-warni ini.

Daily Mail

Meskipun, habitat Lesula ditemukan di wilayah hutan Afrika yang jarang penduduknya, para peniliti mengatakan bahwa kera ini sangat rentan terhadap kepunahan. Hal tersebut dikarenakan banyak kawanan mereka yang sudah diburu untuk diambil dagingnya.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang peneliti, John Hart mengatakan bahwa hal ini adalah tantangan bagi Kongo untuk mengintervensi kasus kepunahan spesies langka ini.

Jika spesies dalam jumlah sedikit seperti Lesula ini, tidak segera dilindungi dan dilestarikan maka populasi mereka bisa segera menuju kepunahan hanya dalam waktu beberapa tahun ke depan. (yk)

Daily Mail

Comment di sini