Survei INES: Jokowi Lebih Unggul dari Foke

by
September 14th, 2012 at 11:37 am

Jakarta (CiriCara.com) – Indonesia Network Elections Survey (INES) telah merilis hasil survei Pilkada DKI Jakarta 2012 putaran dua. Survei yang dilakukan INES dimulai sejak 28 Agustus hingga 9 September 2012 lalu. Hasilnya, Jokowi lebih unggul dibanding Foke.

Direktur Eksekutif INES, Sutisna Tri Sasono mengatakan bahwa survei melibatkan semua latar belakang warga Jakarta termasuk orang asli Betawi. Survei ini dilakukan jelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta putaran ke dua ini.

“Mununjukkan, 72,48 persen akan memilih pasangan Joko Widodo dan Basuki. Sementara yang memilih pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli hanya 27,52 persen,” jelas Sutisna Tri Sasono dalam siaran pers yang dikutip Tribunnews, Jumat (14/9/2012).

Survei Pilkada DKI yang dilakukan INES melibatkan 10.000 responden yang merupakan penduduk Jakarta. Namun, hanya 9720 sampel yang berhasil dianalisa. Pemilihan sampel sendiri dilakukan dengan metode multistage random sampling alias dipilih secara acak.

“Sampel berasal dari 82 Kelurahan dari seluruh Provinsi DKI Jakarta yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai melalui tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih,” jelas Sutisna.

Sutisna menjelaskan survei tersebut mempunyai toleransi kesalahan sebesar 2,5 persen. Itu artinya survei tersebut masih berada di 98 persen tingkat kepercayaan dari survei. “Quality control terhadap survei hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 48 persen. Dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check),” jelasnya.

Meski hasil ini masih berupa survei, tim sukses Jokowi-Ahok tetap antusias menyambut hasil ini. Koordinator Bidang Komunikasi dan Media Center Tim Kampanye Jokowi-Ahok, Budi Purnomo Karjodihardjo menilai hasil survei tersebut merupakan bukti bahwa warga Jakarta mulai pandai dalam memilih pemimpin. (YG)

[colorvote id="4" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini