CiriCara: 3 Cara Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot Motor

by

CiriCara.com – Sepeda motor harus dirawat penampilan dan mesinnya agar tetap bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Bila sepeda motor memiliki mesin dan bodi yang bagus, maka akan membuat para pemakainya merasa nyaman. Ada berbagai cara untuk merawat motor, yaitu rajin mencucinya, mengganti oli, dan lain sebagainya.

Namun, bagian leher knalpot motor juga harus dirawat karena bila tidak dibersihkan akan menimbulkan karat yang lama-kelamaan akan sulit dihilangkan. Timbulnya karat pada bagian tersebut karena suhu yang begitu panas di leher knalpot dibandingkan pada bagian ujungnya sehingga kotoran yang menempel langsung lumer dan pada akhirnya menimbulkan karat. Terdapat 3 cara alternatif untuk mengusir karat tersebut. Mau tahu apa saja? Simak cara berikut ini:

1. Memakai oli bekas

Sediakan oli bekas atau yang sudah tidak terpakai, kemudian nyalahkan mesin sekitar 10 menit agar knalpot panas terlebih dahulu. Bila knalpot semakin panas, maka semakin bagus. Setelah itu, oleskan oli ke bagian yang berkarat. Nantinya knalpot akan mengeluarkan asap karena pelumnas bekas yang sudah dioles menguap terkena panas. Dengan begitu, karat di leher knalpot akan hilang dengan sendirinya.

2. Memakai porstex

Bila Anda ingin menghilangkan karat tersebut dengan porstex, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menuangkan porstex secukupnya ke dalam wadah. Setelah itu, oleskan hingga rata dengan kuas pada permukaan knalpot yang kotor atau berkarat. Setelah merata, siram dengan air hingga bersih kemudian lap sampai kering. Perlu diingat juga bahwa jangan sampai porstex menetes ke blok mesin karena bisa membuat catnya menjadi luntur.

3. Memakai pertamax plus

Alternatif ketiga yang bisa Anda pakai adalah memakai pertamax plus. Untuk menghilangkan noda tersebut, sebaiknya campurkan pertamax plus dengan minyak tanah dengan perbandingan 1:2 secukupnya saja. Lalu, Anda bisa oleskan pada bercak-bercak hitam tersebut. Setelah itu, sikat secara perlahan degan memakai sikat gigi. Hasilnya leher knalpot Anda akan nampak seperti baru.

Penampilan motor baik bodi maupun mesinnya akan membuat pemakainya merasa nyaman bila keadaanya bagus. Bila si kuda besi membuat Anda nyaman, maka bisa menjauhkan Anda juga dari kecelakaan. (NR)


comments powered by Disqus