CiriCara: 4 Cara Tepat Meminjamkan Uang Untuk Pacar

by
September 17th, 2012 at 5:05 pm

CiriCara.com – Menjalani hidup di dunia tidak selalu lancar. Meskipun sudah mendapatkan pekerjaan yang memberikan penghasilan yang relatif bagus, namun terkadang seseorang masih saja mengalami kesulitan keuangan.

Ada berbagai penyebab hal tersebut terjadi, seperti orangtua sakit, kekurangan untuk membayar cicilan bank, dan lain sebagainya. Bila seseorang mengalami kesulitan uang, maka orang tersebut akan meminjam uang kepada orang terdekat dahulu, seperti kerabat atau pacar. Meminjamkan uang pada pacar terkadang menjadi situasi tersulit.

Kamu mungkin akan merasa tidak enak bila meminjamkan uang untuk orang yang dicintai. Akan tetapi, bila menyangkut uang apalagi dengan jumlah yang cukup besar, sebaiknya kamu tidak mengambil risiko. Untuk meminjakmkan uang pada sang pacar, diperlukan kehati-hatian agar tidak ada yang dirugikan. Agar tidak ada yang dirugikan dalam hal ini, sebaiknya simak 4 cara berikut ini:

1. Tanyakan uang itu untuk apa

Sebelum memberikan pinjaman uang untuknya, pastikan dahulu kamu mengetahui kegunaan uang tersebut. Tanyakan dengan baik-baik agar si dia mau berkata jujur. Bila sudah mendapatkan penjelasan darinya, maka kamu bisa memutuskan untuk meminjamkannya atau tidak.

2. Buat bukti tertulis

Hindari meminjamkan uang untuk siapapun tanpa bukti tertulis, termasuk sang pacar. Tujuannya adalah agar tidak ada yang dirugikan meskipun dia pacar kamu. Tulislah ketentuan, kapan waktu seharusnya uang itu dikembalikan dan pastikan kedua belah pihak menandatanganinya. Hal ini harus dilakukan walaupun dengan pacar sendiri karena demi kebaikan kedua belah pihak.

3. Buat kesepakatan

Sebelum kamu memberikan uang yang akan dia pinjam, ada baiknya buat kesepakatan untuk kalian berdua. Di dalam kesepakatan tersebut, kalian harus menyepakati tanggal yang pasti kapan uang itu dikembalikan. Dengan membuat kesepakatan tersebut, tentunya akan membuat kalian saling percaya.

4. Membayar dengan cara lain

Bila sang pacar kemungkinan tidak akan mengembalikan uang yang dipinjamnya, maka kamu bisa memintanya untuk mengembalikan dengan cara lain. Misalnya, pacar kamu jago melukis, mintalah ia untuk memberikan hasil karyanya untukmu. Selain itu, kamu juga bisa meminta hal lain yang nilainya sebanding dengan jumlah uang yang dia pinjam.

Meskipun tidak enak untuk melakukan hal tersebut kepada orang yang kamu cintai, namun harus tetap dilakukan demi kepentingan bersama. Bagaimanapun juga, uang merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia. (NR)

Comment di sini