CiriCara: 3 Cara Agar Rambut Tetap Berkilau

by
September 17th, 2012 at 1:56 pm

CiriCara.com – Sebagian wanita ada yang ingin membuat dirinya terlihat cantik dengan mengubah-ubah gaya rambutnya, seperti mewarnai rambut, mencatok, dikeriting, dan lain sebagainya. Melakukan hal tersebut boleh-boleh saja namun harus tetap diperhatikan dengan benar cara perawatannya.

Bila rambut tidak dirawat, maka akan menimbulkan banyak permasalahan di rambut Anda, seperti rontok, berketombe, gatal-gatal, terlihat kusam, dan lain sebagainya. Gaya rambut yang sering diubah-ubah, seperti dikeriting, dicatok dan diberi warna, akibatnya rambut akan terlihat kering dan kusam. Penampilan rambut yang kusam atau warna rambut tidak berkilau lagi akan membuat wajah Anda menjadi kusam juga.

Untuk membuat rambut nampak berkilau kembali, biasanya sebagian wanita pergi ke salon untuk memasker rambutnya atau melakukan perawatan lainnya. Namun, untuk pergi ke salon diperlukan biaya yang tidak sedikit dan waktu Anda pun akan terbuang. Agar rambut tetap sehat dan berkilau, sebaiknya Anda simak tips berikut ini yang dicuplik dari Mediaindonesia.com:

1. Hindari pewarna rambut yang mengandung amonia

Agar rambut tetap tampak berkilau, Anda bisa mengaplikasikan pewarna rambut bebas amonia. Amonia merupakan senyawa kimia berupa gas dan berbau tajam yang tak sedikit ada pada cat pewarna rambut. Bila rambut sudah terkena amonia, maka akan membuat rambut kering, kasar, pecah-pecah, dan kusam jika tidak dirawat. Untuk itu, pilihlah cat pewarna rambut yang bebas amonia agar rambut tetap berkilau.

2. Biarkan rambut gelap

Mewarnai rambut keseluruhan lebih baik daripada meng-highlight rambut. Dengan meng-highlight rambut memang terkesan membuat wanita jadi terlihat cantik dan fashionable, namun hal tersebut bisa membuat rambut menjadi lebih cepat kusam jika tidak dirawat. Bila mengaplikasikan warna rambut yang gelap, maka kutikula rambut akan terbuka.

3. Beri protein

Jika Anda sering mewarnai rambut, maka beri rambut protein. Protein rambut dipercaya mengisi lubang-lubang kecil pada kutikula rambut akibat pewarnaan di setiap helainya. Untuk itu agar rambut tetap sehat, Anda perlu mengonsumsi biji-bijian, ikan, susu, telur, dan makanan lain yang memiliki kandungan protein.

Bila rambut sehat dan tampak berkilau, maka penampilan Anda pun akan semakin terlihat cantik dan mempesona. Untuk itu, cintailah rambut seperti Anda mencintai seseorang karena rambut merupakan mahkota wanita. (NR)

Comment di sini