CiriCara: Cara Agar Tidak Terobsesi Sama Mantan Pacar

by
September 17th, 2012 at 3:25 pm

CiriCara.com – Kisah asmara yang sudah dijalani selama beberapa bulan atau mungkin bertahun-tahun akan terasa menyakitkan dan menyedihkan bila salah satu pihak mengucapkan kata putus. Tak bisa dipungkiri bahwa mengakhiri perjalanan cinta dengan cara seperti itu bisa membuat sakit hati, apalagi bila mengakhirinya tanpa sebab.

Bila ada salah satu pihak yang tidak bisa menerima hal tersebut, maka biasanya ia akan sulit melupakan mantan pacarnya. Setiap aktivitas yang dilakukan selalu terbayang dengan wajah dan sikap si dia. Tak sedikit juga cewek atau cowok yang ingin merajut kisah cintanya kembali. Namun, hal tersebut perlu dipikirkan matang-matang bila kamu sudah disakiti olehnya. Akan tetapi, bila kamu belum bisa memaafkan atau melupakan mantan, sebaiknya simak saran dari Zoya Amirin, seorang psikolog ternama berikut ini yang dicuplik dari Wolipop.com:

1. Tenangkan diri

Jauhkan diri kamu dari apapun yang berkaitan dengan mantan pacar. Jauhkan juga teman-teman mantan pacar kamu agar kamu tidak mengingat dia lagi. Untuk membuat diri kamu tenang dan dapat beraktivitas kembali seperti biasanya, ada baiknya untuk menyendiri selama dua bulan.

2. Memaafkan mantan pacar

Selama menenagkan diri, kamu harus memaafkan mantan yang telah menyakiti hati. Walaupun terasa sulit, namun harus tetap dilakukan agar membuatmu tenang dan bisa kembali beraktivitas. Maafkan satu persatu perbuatannya yang pernah membuat perasaanmu sakit.

3. Manjakan diri sendiri

Jangan terlalu lama berlarut dalam kesedihan karena nantinya bisa membuat diri kamu stres. Manjakan diri kamu untuk pergi ke salon, ke tempat spa, dan lain sebagainya agar pikiran kembali tenang dan mungkin bisa melupakan si dia yang telah menyakiti hatimu.

4. Pergi bersama teman

Ajak teman atau sahabat untuk menemanimu pergi ke mall, nonton di bioskop, atau travelling agar bisa melupakan kenangan dengan si dia. Bersenang-senanglah dengan mereka agar kamu tidak merasa sedih karena disakiti olehnya.

5. Tetap mengonsumsi makanan sehat

Sebagian perempuan ada yang stres akibat ditinggal pacarnya dan setelah itu mereka lebih cenderung makan berlebihan sehingga berat badannya naik. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu tetap mengonsumsi makanan yang sehat agar badan dan pikiran kembali jernih.

6. Jangan cepat mencari pacar baru

Bila kamu tidak ingin terobsesi atau cepat melupakan mantan, hindari untuk cepat mencari pacar yang baru. Hal tersebut akan membuat sakit hati kamu tidak sembuh secara sempurna. Lebih baik tuntaskan dulu kesedihanmu dan lupakanlah dia, satelah itu baru kamu bisa cari pengganti si dia. Kamu juga disarankan untuk menjalin kisah asmara lagi setelah 6 bulan atau lebih tidak berpacaran.

7. Konsul ke satu orang teman

Curahkan semua perasaan kamu kepada satu orang teman terdekat saja. Hindari untuk mengumbar perasaan ke mana-mana, apalagi di sosial media karena akan bisa menjadi bumerang buat diri kamu sendiri. Lebih baik ceritakan kepada satu teman saja agar tidak menjadi gosip dan cerita kamu mengenai mantan pacar bisa dijaga baik oleh teman terdekat.

8. Hargai diri sendiri

Untuk menghilangkan perasaan negatif yang menimbulkan sikap obsesif, hargai diri sendiri. Kamu harus lebih berpikiran positif dan menghargai diri kamu, seperti berkata, “baik juga ya dia putusin aku karena sudah tidak cinta lagi.” Dengan berkata seperti itu, tentunya kamu akan sangat menghargai diri kamu dan bisa melupakan si dia.

Bila kamu tidak terobsesi dengan mantan dan cepat bisa melupakannya, maka kehidupan kamu akan lebih bermakna dan tentunya akan bersemangat menjalani aktivitas lainnya. Jangan berlarut-larut dalam hal percintaan karena bisa membuatmu malah stres. Berpikirlah positif bila ada permasalahan percintaan yang menimpamu. Dan ingat peribahasa “mati satu tumbuh seribu”. (NR)

Comment di sini