Jalan Merdeka Selatan Ditutup Akibat Bentrok di Depan Kedubes AS

by
September 17th, 2012 at 5:18 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Konflik yang ditimbulkan film “Innocence of Muslims” masih berlanjut hingga hari ini, bahkan lebih parah. Film yang dianggap melecehkan nabi Muhammad SAW ini, memicu aksi unjuk rasa di depan kedubes AS, jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Seluruh ormas Islam, ribuan massa dari Gerakan Reformasi Islam, Gerakan Pembela Islam, dan FPI melakukan aksi unjuk rasa di depan kedubes AS. Sayangnya, terjadi bentrokan antara massa pengunjuk rasa dengan satuan aparat keamanan pada pukul 14.45 tadi.

Kerusuhan pun tidak terelakkan, sehingga Jalan Medan Merdeka Selatan pun harus ditutup sementara. Begitu parahnya kerusuhan yang terjadi, mengakibatkan arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian pun menjadi terganggu. Banyak kendaraan umum yang memutar arah, termasuk feeder Busway, karena mereka tidak dapat melintasi kawasan tersebut.

Bahkan, pintu gerbang Balaikota pun ikut ditutup karena tiba-tiba saja massa yang sudah mulai bertindak anarkis itu melakukan aksi lempar batu ke arah gedung Balaikota. Menurut keterangan Darwis Silitonga, Kepala Seksi Penertiban Satpol PP DKI Jakarta, pemicu aksi lempar batu tersebut ialah mobil pemadam kebakaran yang diparkir di depan gedung Balaikota. Setelah mobil tersebut dipindahkan, keadaan mulai terkendali lagi.

Dikutip dari beritasatu.com, para pengunjuk rasa yang jumlahnya mencapai ratusan orang ini masih terus melakukan aksinya, tembakan gas air mata pun mewarnai lokasi sekitar jalan Medan Merdeka Selatan.

Bagi para pengguna jalan yang hendak melintasi wilayah tersebut, sebaiknya menghindari lokasi dekat kedubes AS untuk sementara ini, karena situasi masih dalam status siaga.

Akses jalan alternatif yang dapat dilalui ialah Jalan Kebon Sirih, jalan Medan Merdeka Barat, dan jalan Medan Merdeka Timur. (yk)

Comment di sini