Massa Pendemo Innocence of Muslims Sempat Salat Berjamaah

by
September 17th, 2012 at 5:17 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Setelah sempat bentrok, para pengunjuk rasa di depan Kedubes AS yang mengkritik pembuatan film Innocence of Muslims yang dipandang menghina Islam menyempatkan diri untuk salat berjamaah di sepanjang jalan di depan gedung Kedubes AS di Jalan Merdeka Selatan.

Massa dari ormas Islam memutuskan untuk menghentikan aksi pelemparan batu begitu mengetahui waktu untuk salat Ashar telah tiba. Seperti dikabarkan INILAH.COM, seorang koordinator menggunakan pengeras suara untuk memerintahkan para pengunjuk rasa agar berhenti melempari aparat dan melaksanakan salat.

“Bagi teman-teman yang belum menjalankan salat mari kita bersama-sema menggelar salat. Untuk itu aksi kita hentikan sementara,” katanya.

Tak lama kemudian, ratusan massa yang terdiri dari anggota FPI, LPI, dan HTI langsung menggelar salat berjamaah di depan aparat kepolisian yang terus bersiaga jika sewaktu-waktu terjadi lagi kericuhan.

Aksi demonstrasi massa ormas Islam di Indonesia sebelumnya berlangsung tertib tanpa ada gesekan. Tetapi pada sekitar pukul 14.30 pecah kericuhan. Massa terlihat melempari aparat dengan batu, molotov, dan kelereng yang dilontarkan melalui ketapel.

Belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa ini. Namun dipastikan sejumlah orang terluka, termasuk 7 orang aparat kepolisian.

Pihak polisi masih bersiap siaga dengan water cannon dan gas air mata guna mengantisipasi kericuhan yang mungkin meluas. (hp)

Comment di sini