Mengenal Nano SIM dalam iPhone 5

by
September 17th, 2012 at 4:52 pm

Jakarta (CiriCara.com)iPhone 5 yang akan beredar di Indonesia sekitar bulan Oktober nanti dikabarkan akan menggunakan Nano SIM. Sebelum Apple menggunakan Nano SIM untuk pertama kali, vendor raksasa asal Amerika ini sempat mengaplikasikan Micro SIM pada produk iPhone 4 nya.

Lalu, apa perbedaan SIM card, Micro SIM dan Nano SIM?

Perbedaan yang dapat dilihat secara mendasar adalah ketebalan pada masing-masing SIM. SIM card adalah SIM biasa yang banyak digunakan pada telepon seluler kebanyakan dengan ukuran besar sementara Micro SIM adalah SIM dengan ukuran yang lebih kecil. Untuk mengubah SIM card menjadi Micro SIM, pengguna dapat memotong kartu SIM yang dipakainya.

Namun hal yang mudah seperti itu tidak bisa dilakukan saat pengguna ingin merubah Micro SIM ke Nano SIM. Diberitakan oleh NDTV dalam Trenologi.com, Nano-SIM lebih tipis 15% dibandingkan SIM card biasa. Ukuran spesifikasi Nano-SIM adalah 12.3 mm x 8.8 mm x 0.67 mm sehingga untuk memodifikasi SIM ini adalah hal yang mustahil.

Namun walau Nano-SIM hanya bisa dipakai di iPhone 5, sudah tersedia adapter untuk membuat smartphone ini kompatibel sehingga bisa dipergunakan di ponsel yang menggunakan SIM card biasa ataupun Micro-SIM.

Jadi bagi negara-negara dengan operator yang belum bisa memproduksi Nano SIM, iPhone 5 pun masih bisa digunakan.

(RN)

Comment di sini