Polisi Tangkap 2 Provokator Kericuhan Demo “Innocence of Muslims”

by
September 17th, 2012 at 4:27 pm

Ilustrasi

Jakarta (CiriCara.com) – Unjuk rasa terkait penolakan film menghina Islam, Innocence of Muslims yang dilakukan FPI dan FUI serta ormas lainnya sempat ricuh. Dua orang yang diduga provokator kericuhan berhasil ditangkap oleh pihak polisi.

Dua orang yang ditangkap tersebut terlihat mengenakan pakai gamis warna putih dan kelabu. Keduanya sempat terlihat terlibat dalam aksi perang batu yang terjadi di depan Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (17/9/2012) tadi.

Aksi unjuk rasa tolak film “Innocence of Muslims” ini mendadak ricuh ketika massa sudah sampai di depan gedung Kedubes Amerika Serikat. Massa melakukan aksi bakar bendera dan bahkan ada yang melempar bom molotov. Akibatnya sejumlah fasilitas ada yang dilaporkan rusak.

Untuk saat ini kondisi sudah berangsur tenang. Massa yang emosi berhasil ditenangkan oleh salah satu orator demo yang meminta massa untuk tenang. “Laskar, laskar duduk! Melawan bukan dengan emosi,” imbau seorang orator yang tidak diketahui namanya, seperti dikutip detikcom.

Sebelumnya, seribuan massa pengunjuk rasa pengecam video film Innocence of Muslims berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia. Massa kemudian berjalan ke arah gedung Kedubes AS untuk melakukan orasi. Ternyata aksi unjuk rasa justru berakhir ricuh saat sampai di Kedubes AS, akibatnya bentrok massa dengan polisi tak terhindarkan.

Video film Innocence of Muslims mendadak heboh karena dinilai telah menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW. Akibatnya, aksi unjuk rasa terjadi di berbagai negara di Timur Tengah. Salah satunya di Libya yang mengakibatkan tewasnya Dubes AS dan beberapa stafnya.

(YG)

Comment di sini