Terduga Provokator Kericuhan Demo di Kedubes AS Menjadi 4 Orang

by
September 17th, 2012 at 4:58 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Sebanyak 4 orang yang dianggap sebagai provokator kerusuhan di depan Kedubes AS di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, telah diamankan pihak kepolisian.

Sebelumnya dikabarkan ada 2 orang yang tertangkap terkait aksi demo anti film penghina Nabi Muhammad ini. Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suhardi Alius, membenarkan adanya penangkapan 4 terduga provokator seperti diberitakan BeritaSatu.com. Mereka ditangkap karena ketahuan membawa ketapel dan peluru kelereng. Bahkan ada pula yang membawa bom molotov.

Menurut Suhardi, kemungkinan akan ada lagi orang yang diamankan apabila ada yang kedapatan melanggar hukum.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, aksi demonstrasi untuk memprotes film kontroversial Innocence of Muslims berujung bentrokan antara pihak aparat dan pendemo yang terdiri dari massa ormas Islam. Selain massa FPI yang membawa atribut organisasinya, ada pula massa dari LPI dan HTI.

Para pengunjuk rasa menuntut agar sutradara film itu dihukum mati karena dinilai dengan sengaja telah menghina Islam. Aksi unjuk rasa juga terjadi di negara-negara lain yang sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam.

Aksi demonstrasi di Jakarta telah berlangsung dari minggu lalu. Aksi yang sebelumnya tertib tiba-tiba berubah ricuh tanpa diketahui siapa yang memulainya.

Pihak kepolisian mengkonfirmasi bahwa ada anggotanya yang terluka akibat kericuhan tersebut. Hingga saat ini, tujuh orang anggota kepolisian dilaporkan terluka akibat terkena lemparan pengunjuk rasa.

Comment di sini