10 Hewan Unik di Hutan Amazon

by
September 18th, 2012 at 9:41 am

Ciricara.com – Hutan hujan terbesar yang terletak di Amerika bagian selatan adalah Hutan Amazon. Hutan ini terkenal dengan sebutan paru-paru dunia, karena lebatnya pepohonan di hutan tersebut sehingga mampu menghasilkan 30% oksigen bagi Bumi ini.

Hutan yang memiliki luas sekitar 5,5 juta Km persegi ini menyimpan banyak kekayaan sumber daya alam yang belum dijelajahi oleh manusia. Hutan hujan ini juga menjadi habitat bagi banyak suku pedalaman, hewan-hewan, serta tanaman yang jarang sekali ditemui di hutan biasa.

Oleh karena hutan ini masih jarang terjamah oleh tangan-tangan manusia, banyak makhluk hidup yang unik dan jarang ditemui. Inilah 10 hewan unik nan aneh yang terdapat di dalam hutan Amazon.

1 Kinkajou

Hewan unik ini masih dapat digolongkan ke dalam jenis rakun. Hanya saja, bulu Kinkajou berwarna keemasan dan dia memiliki ekor yang kuat sehingga dapat dipakai untuk mencengkeram batang-batang pohon. Hewan pemakan buah dan penjilat nektar bunga ini sering disebut sebagai beruang madu.

2. Katak beracun

Katak ini memang memiliki warna yang indah dan menarik. Tetapi, mereka tergolong hewan yang paling beracun di muka Bumi ini. Pada beberapa spesies, racunnya sangat tinggi, sehingga jika seseorang menyentuhnya saja, dapat tewas seketika.

3. Semut peluru

Nama yang cukup aneh untuk seekor semut. Semut peluru ini bukan sembarang semut. Ukuran semut ini lebih besar dibandingkan semut yang ada di rumah-rumah. Dia dapat menyengat seperti seekor tawon. Alasan diberi nama semut peluru tidak diketahui jelas, mungkin karena ukurannya yang seperti peluru, atau karena sakitnya gigitan serangga ini sama seperti daging yang tertembus peluru. Selain itu, semut ini juga diberi nama semut 24 jam, karena rasa sakit dari gigitannya membutuhkan waktu 24 jam untuk hilang.

4. Katak kaca

Uniknya katak ini. Mungkin sebagian dari kamu akan merasa jijik jika melihat katak kaca ini. Hal itu dikarenakan, seluruh bagian dalam tubuhnya akan terlihat dari luar, karena kulitnya yang transparan. Itulah sebabnya, katak ini disebut sebagai katak kaca.

5. Kadal yesus

Hewan unik ini diberi nama kadal yesus karena reptil ini mampu berlari di atas air ketika diburu oleh pemangsa, seperti Tuhan Yesus yang berjalan di atas air. Jari kaki kadal ini memiliki selaput sehingga dia bisa menciptakan permukaan yang lebih luas saat menapak di atas air serta memiliki kantong air untuk meningkatkan tegangan pada permukaan. Itulah keunikan kadal yesus.

6. Ikan candiru

Meski ikan ini kecil, tapi dia adalah hewan yang berbahaya. Ikan yang berbentuk seperti pensil dan sering pula disebut sebagai ikan tusuk gigi ini, dapat berenang masuk ke dalam saluran urogenital manusia. Untuk mengeluarkan ikan kecil ini, orang tersebut harus dioperasi melalui pembedahan pada saluran tersebut.

7. Serangga kepala kacang

Serangga unik ini memiliki bentuk kepala yang menyerupai kacang yang masih dalam kulitnya. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa kepalanya itu digunakan untuk mengelabui para pemangsanya. Selain itu, jika sayap hewan ini dikembangkan, maka akan tampak seperti mata di bagian bawah sayap tersebut.

8. Belut listrik

Belut listrik ini mampu menghantarkan listrik berkekuatan ratusan volt. Selain untuk melumpuhkan mangsanya, listrik pada tubuhnya itu juga dimanfaatkannya ketika mereka membutuhkan pencahayaan lebih, karena mereka sering tinggal di dalam air sungai yang keruh.

9. Potoo

Potoo adalah sejenis burung yang senang bertengger pada batang pohon yang sudah kering dan mati. Warna bulunya yang mirip dengan batang pohon tersebut bisa sangat membantunya dalam menyamar dan menghindari serangan para predatornya.

10. Kelelawar pemancing

Uniknya jenis kelelawar ini. Kelelawar pemancing ini adalah spesies terbesar dalam kelas kelelawar. Kegemaran dari hewan ini adalah memangsa ikan layaknya orang yang gemar memancing, kelelawar pemancing ini langsung menukik tajam dan langsung menancapkan cakar tajamnya pada ikan yang membuat riak pada permukaan air sungai.

Itulah 10 jenis hewan di hutan Amazon yang unik dan jarang ditemui pada hutan-hutan biasa lainnya. (yk)

Comment di sini