5 Manfaat Arisan Dalam Kehidupan

by
September 18th, 2012 at 3:06 pm

CiriCara.comArisan adalah sekelompok orang yang mengumpulkan uang secara teratur pada tiap-tiap periode tertentu. Setelah uang terkumpul, salah satu dari anggota kelompok akan keluar sebagai pemenang dan biasanya pemenang ini akan menggelar acara makan-makan di restoran atau rumah.

Saat ini arisan telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat, khususnya yang berada di kota-kota besar. Nilai uang yang dikumpulkan pada setiap bulannya mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Namun, tak semua orang ingin melibatkan dirinya untuk bergabung dalam aktivitas tersebut. Mereka berpikir, dengan mengikuti arisan akan membuang waktu begitu saja.

Sebenarnya ada manfaat yang bisa didapat bila Anda mengikuti arisan, seperti sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan bercanda tawa. Tidak hanya itu, ternyata masih ada 5 manfaat lagi yang didapat bila Anda mengikuti arisan. Mau tahu apa saja? Simak 5 manfaat berikut ini:

1. Untuk bersosialisasi

Melalui arisan tentunya Anda bisa lebih saling mengenal dan akrab antar anggota arisan. Dengan adanya arisan juga bisa mempermudah urusan-urusan Anda lainnya di luar yang berkaitan dengan antar anggota arisan. Misalnya, bila Anda mengikuti arisan karyawan di kantor, maka hubungan Anda antar sesama rekan kerja akan semakin baik karena intensitas waktu bertemunya lebih sering.

2. Sebagai ajang promosi

Sebagian orang ada yang memanfaatkan arisan sebagai ajang promosi. Dengan arisan terkadang ada anggota yang mempromosikan barang dagangannya, seperti tas bermerek, minyak wangi, sepatu, atau kemampuan memberi les privat mengajar musik atau matematika. Melakukan promosi pada saat arisan merupakan cara yang paling efektif karena tidak dipungut biaya dan sudah tahu latar belakang konsumen yang disasar.

3. Sebagai tempat latihan menabung

Ada manfaat ekonomi yang bisa didapat dari mengikuti arisan yaitu tempat berlatih untuk menabung. Bila Anda termasuk orang yang sulit menabung, maka kegiatan ini bisa dijadikan sebagai ajang latihan untuk mendisiplinkan diri. Mengapa? Karena setiap bulannya mau tidak mau Anda harus membayar uang arisan tersebut.

4. Sebagai wadah untuk bertukar informasi

Meskipun saat ini teknologi sudah canggih, namun tetap saja orang masih mencari berbagai informasi kepada orang lain. Misalnya mengenai informasi pendidikan, kesehatan, keluarga, anak, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti arisan, informasi tersebut tentunya akan mudah dicapai karena sebagian orang yang ada dalam arisan tersebut memiliki latar belakang yang sama yaitu sebagai orangtua dan memiliki anak.

5. Melepas stres

Hidup di kota besar, seperti Jakarta terkadang membuat seseorang merasa terasingkan karena masyarakatnya sudah disibukkan dengan pekerjaannya masing-masing. Belum lagi berbagai kejadian, seperti macet yang bisa membuat Anda stres. Dengan mengikuti arisan, tentunya stres Anda sedikit berkurang karena bisa bercanda-tawa antar sesama anggota arisan tersebut.

Itulah 5 manfaat yang didapat bila Anda tegabung dalam arisan. Bagaimana, maukah Anda bergabung dalam arisan yang ada di sekitar? Jika sudah tergabung, maka jangan lupa untuk membayar iuran uang arisan tiap bulannya. (NR)

Comment di sini