CiriCara: Cara Mengatur Waktu Untuk Bekerja dan Merawat Anak

by
September 18th, 2012 at 5:03 pm

CiriCara.com – Kasih sayang seorang ibu sangat dibutuhkan sang anak, apalagi untuk anak yang masih berusia di bawah lima tahun. Sesibuk apapun pekerjaan ibu, harus tetap memperhatikan kondisi dan memberikan kasih sayangnya untuk anak.

Sebuah tantangan besar bagi si ibu bila memiliki pekerjaan yang banyak dan harus tetap mengasuh anak-anaknya. Kedua hal tersebut tentunya harus dapat diselesaikan dengan baik. Namun, agar keduanya bisa berjalan seimbang dan tanpa membebani Anda, sebaiknya simak tips berikut ini:

1. Membuat Jadwal

Jika Anda membuat jadwal kebersamaan Anda dengan anak, maka tidak akan menimbulkan hambatan dalam pekerjaan. Atur jadwal makan dan tidur anak tanpa menginterupsi pekerjaan. Dengan adanya jadwal yang sudah Anda buat, tentunya harus konsisten mematuhi jadwal tersebut. Membuat jadwal ini juga berlaku untuk Anda para ibu yang bekerja kantoran.

2. Menyelesaikan pekerjaan setelah anak tertidur

Bila Anda masih memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, maka kerjakanlah pada saat anak atau bayi sudah tertidur pulas. Cara ini lebih efektif karena tidak mengganggu kedekatan Anda dengan si anak. Walaupun Anda sedikit berkorban untuk tidur larut malam, namun anak pun akan terasa senang karena ditemani ibunya hingga tertidur pulas.

3. Melibatkan anak pada pekerjaan rumah

Sesekali Anda perlu mengajak anak untuk terlibat dalam pekerjaan rumah tangga, seperti membersihkan meja, mencuci piring, menyapu lantai, dan lain sebagainya. Dengan begitu akan menciptakan kedekatan Anda dengan si anak.

4. Letakkan mainan di ruang kerja

Jika Anda adalah seorang ibu yang bekerja di kantor dan masih sering menyelesaikan pekerjaan tersebut di rumah, maka  letakkan beberapa mainan di ruangan kerja. Cara ini juga efektif karena sementara Anda menyelesaikan pekerjaan dan anak pun akan konsentrasi pada mainannya. Selain itu, Anda juga akan merasa tenang dan aman setidaknya dalam jarak dekat.

5. Menyewa pengasuh

Anda juga bisa menyewa seorang pengasuh yang bisa membawa anak-anak untuk  bermain atau sekedar jalan-jalan. Namun, Anda juga harus bisa meluangkan waktu dengan si anak, seperti memberinya makan, mengajaknya bermain, dan lain sebagainya. Dengan begitu, si anak akan tetap merasakan kasih sayang dari ibunya.

Bila menerapkan 5 hal di atas dalam kehidupan keluarga Anda, maka keluarga akan semakin harmonis. Sesibuk apapun pekerjaan Anda baik di rumah maupun luar rumah, namun harus tetap memberikan perhatian pada si anak. Bagaimanapun juga anak sangat membutuhkan kasih sayang orangtuanya. (NR)

Comment di sini