CiriCara: Cara Tepat Menjaga Kebersihan Handuk

by
September 18th, 2012 at 4:01 pm

CiriCara.com – Handuk merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus Anda bawa ketika hendak mandi. Fungsi handuk yaitu untuk mengelap atau mengeringkan tubuh setelah mandi. Kebersihan handuk harus dijaga karena dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Handuk yang kotor akan menjadi sarang bakteri atau kuman sehingga menimbulkan permasalahan pada kulit Anda, seperti gatal-gatal, kurap, kudis, dan penyakit kulit lainnya. Setiap hari Anda menggunakan handuk minimal 2 kali sehari. Untuk itu, jagalah kebersihannya agar Anda tetap merasa nyaman memakainya dan tidak menimbulkan penyakit kulit. Berikut cara tepat merawat handuk:

1. Setelah dipakai segera dikeringkan

Setelah Anda memakainya otomatis handuk akan menjadi basah dan segeralah dikeringkan di bawah terik matahari atau tempat yang terbuka. Pastikan juga handuk kembali dalam keadaan kering bila Anda ingin memakainya lagi. Bila Anda memakai handuk dalam keadaan masih basah, maka akan menimbulkan jamur di tubuh.

2. Mencucinya seminggu sekali

Mencuci handuk yang benar adalah satu minggu sekali agar tetap bersih dan nyaman bila Anda menggunakannya. Handuk yang baru tiga hari dipakai terkadang warnanya langsung berubah menjadi sedikit gelap. Hal tersebut menandakan bahwa tubuh Anda masih terselip kotoran walaupun sudah disapu dengan sabun. Bila tidak mencuci handuk satu minggu sekali, maka akan menimbulkan penyakit kulit pada tubuh Anda.

3. Direndam dengan air hangat

Ketika ingin mencucinya, yang harus Anda lakukan adalah merendam handuk tersebut dengan menggunakan air hangat yang sudah diberi deterjen. Rendam handuk selama 30 menit agar kuman-kuman yang menempel mati. Jangan pernah mencuci handuk dengan mencampurkan pakaian lainnya karena handuk akan menjadi tidak bersih.

Handuk yang baru Anda beli juga harus diperhatikan kebersihannya. Cucilah terlebih dahulu dengan air hangat dan beri sedikit deterjen sebelum Anda memakainya. Kuman yang menempel pada handuk baru akan membahayakan kesehatan kulit Anda. Setelah mengetahui tips di atas, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi handuk yang dipakai. Bila handuk selalu bersih, maka badan dan kulit Anda akan selalu sehat. (NR)

Comment di sini