Ini Alasan Sam Bacile Buat Film Innocence of Muslims

by
September 18th, 2012 at 9:58 am

Republika.co.id

CiriCara.com – Umat muslim di seluruh dunia mendadak heboh dengan munculnya video film Innocence of Muslims yang menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW. Akibatnya, kecaman terhadap film yang diproduseri oleh Sam Bacile itupun terjadi di sejumlah negara Timur Tengah.

Aktris film Innocence of Muslims, Cindy Lee Garcia mengaku tertipu oleh Sam Bacile. Garcia mengaku tidak pernah tahu bahwa film tersebut menceritakan Nabi Muhammad SAW. Ia mengklaim saat itu ia ditawari Sam Bacile untuk membintangi film berjudul “Warriors Desert”.

“Aku tidak pernah menyebut nama Muhammad, aku tidak pernah mendengar nama Muhammad sampai aku melihat film itu di Youtube dan aku tidak pernah mengerti apa yang mereka coba lakukan. Tak ada satu pun hal yang masuk akal bagiku,” jelas Garcia kepada MBC.

Garcia menuturkan sempat menghubungi Sam Bacile saat melihat video filmnya di Youtube. Ia menanyakan kenapa Sam Bacile merubah cerita sehingga jadi Innocence of Muslims. Saat itu, Sam Bacile menjawab bahwa ia sudah merasa geram dengan muslim radikal.

“Dia (Sam Bacile) mengatakan kepada saya karena dia bosan dengan muslim radikal yang membunuh orang tidak bersalah dan ia mengatakan bahwa ia dari Israel,” tutur Garcia yang mengaku sangat terkejut saat melihat filmnya dihujat di beberapa negara.

Saat ini Sam Bacile telah berhasil ditangkap oleh pihak berwajib. Kini, produser gadungan bernama lengkap Nakoula Basseley Nakoula itu sedang menjalani pemeriksaan oleh penyidik federal di Amerika Serikat.

Sementara itu, pihak pejabat Amerika Serikat mengaku tidak bisa menyelidiki proyek film Innocence of Muslims tersebut. Meski dampaknya sudah menyebar kekerasan ke sejumlah negara, pejabat AS tetap tidak bisa memprosesnya. Pasalnya, memproduksi film di AS dilindungi oleh undang-undang atas nama kebebasan berekspresi.

Untuk saat ini belum diketahui secara pasti apa alasan Sam Bacile membuat film provokatif tersebut. Kuasa Hukum Sam Bacile juga menolak berkomentar terkait permasalahan yang menimpa kliennya tersebut. (YG)

Comment di sini