PON 2012: Lifter Jabar Raih Rekor Asia

by
September 18th, 2012 at 11:49 am

Jaringnews

Pekanbaru (CiriCara.com) – Hingga hari ini, Jawa Barat dan DKI Jakarta tetap bersaing memperebutkan medali emas untuk menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau.

Hari Senin, 17 September 2012, kontingen Jawa Barat dan DKI Jakarta silih berganti memimpin klasemen sementara perolehan medali emas. Pada pukul 22.30, Jawa Barat berhasil mengoleksi 12 medali emas lagi. Perolehan ini membuat Jabar mengumpulkan 79 emas, 57 perak, dan 78 perunggu. Sementara itu, DKI Jakarta masih berada di posisi pertama dengan 80 emas.

Diberitakan oleh Tribunnews.com, lewat olahraga angkat berat yang digelar di Hotel Ratu Mayang Garden, Pekanbaru, Jawa Barat berhasil mengkoleksi dua medali emas. Lebih membanggakan lagi karena lifter asal Jawa Barat, M. Yusuf berhasil memecahkan rekor Asia di total angkatan 890 kg dan angkatan dead lift 350 kg.

Rekor yang diraih Yusuf berhasil mematahkan kedudukan atlet asal Kazakhstan, Kuvambayev Zalim dengan total angkatan 742,5 kg dan angkatan dead lift seberat 297,5 kg.

Selain itu, Yusuf juga berhasil membukukan angkatan squat 325 kg serta bench press 215 kg.

“Ini emas PON pertama saya setelah dua kali ikut PON. Saya mempersembahkan emas ini untuk masyarakat Jabar,” kata Yusuf dikutip dari sumber yang sama.

Prestasi lain yang diraih kontingen Jawa Barat terdapat di kelas 105 kg putra. Di kelas ini, Asep Setiawan berhasil membuat total angkatan 910 kg daro angkatan squat 360 kg, bench press 250 kg dan dead lift 300 kg.

Dengan prestasi ini, pelatih angkat berat kontingen Jawa Barat, Usdi Permana merasa bangga  karena anak didiknya berhasil mempersembahkan emas untuk Jawa Barat.

Asa bucat bisul (seperti pecah bisul-red). Tadi sempat waswas juga melihat lawan-lawan yang tangguh,” ujarnya. (RN)

Comment di sini