“Bukti” Yesus Menikahi Seorang Perempuan Ditemukan

by
September 19th, 2012 at 10:11 am

CiriCara.com - Secarik manuskrip yang berasal dari abad ke-4 menghebohkan dunia karena diduga bisa menjadi petunjuk tentang kisah pernikahan Yesus dengan seseorang.

Profesor Karen L. King dari Harvard University, Amerika Serikat, saat ini tengah mempelajari manuskrip tersebut. Di dalam manuskrip disebutkan Yesus berbicara tentang istrinya  dan murid perempuannya.

Penemuan ini tentu membuat geger sebab Yesus dikenal tidak memiliki istri dan murid perempuan. Seperti dikutip dari Tempo.co yang mengacu pada penjelasan King, fragmen di manuskrip menyebutkan ”Yesus berkata kepada mereka [para murid-Nya], istri saya …”. Lanjutan fragmen itu berbunyi, “Dia akan dapat menjadi murid-Ku.”

Daily Mail

Manuskrip ditulis dalam bahasa Koptik. Menurut King, manuskrip ini merupakan teks kuno yang secara eksplisit menggambarkan Yesus yang memiliki istri.

Apabila penemuan ini telah melalui proses validasi dan ternyata valid, maka keyakinan Kristen bahwa Yesus hidup selibat dan tidak memiliki murid perempuan bisa terguncang.

Gereja Katolik percaya bahwa Yesus hidup selibat, oleh karena itu petinggi-petinggi gereja mengikuti teladan-Nya dengan tidak memiliki istri selama menjadi pelayan gereja di bawah sumpah sakramen.

Banyak orang telah lama terlibat diskusi tentang pernikahan Yesus dengan seorang perempuan yang diduga adalah Maria Magdalena. Penulis novel Dan Brown juga pernah mengangkat isu ini ke dalam karya kontroversialnya, The Da Vinci Code.

Tetapi King menegaskan bahwa “bukti” ini belum sepenuhnya bisa menjadi alat yang memastikan bahwa Yesus telah menikah secara historis. Kini ia sedang berusaha menyelidiki siapakah yang pertama kali mengutarakan pendapat bahwa Yesus pernah menikah sembari meneliti keaslian manuskrip. (hp)

Daily Mail

Comment di sini