CiriCara: 9 Cara Mengusir Pikiran Kotor

by
September 19th, 2012 at 3:05 pm

CiriCara.com- Ketika Anda sedang melamun terkadang yang terlintas di otak adalah hal-hal negatif, seperti seks atau hal-hal negatif lainnya. Untuk menghilangkan pikiran-pikiran itu diperlukan niat yang kuat dari dalam diri agar tidak menikmati khayalan mengenai hal negatif tersebut.

Bila pikiran-pikiran negatif seperti itu terlintas di otak Anda, maka cobalah alihkan ke pemikiran positif. Lakukanlah aktivitas yang dapat mengalihkan hal tersebut, seperti membaca buku, menonton berita terkini, bercanda dengan teman, dan lain sebagainya. Selain itu, singkirkan juga barang-barang yang bisa membuatmu berpikiran “ngeres”

Dicuplik dari Motivatorsuper, Jessica Padykula menyarankan sembilan teknik untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif . Mau tahu apa saja? Simak tips berikut ini:

1. Hidup saat ini

Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal sering membuat sebagian orang merasa cemas. Jarang sekali orang yang panik karena kejadian saat ini. Bila Anda terlalu memikirkan apa yang sudah terjadi atau belum terjadi, maka bisa membuat Anda jadi berpikiran negatif. Untuk itu ingatlah bahwa hanya masa kini yang bisa Anda kontrol.

2. Katakan hal positif pada diri sendiri

Tekatkan pada diri Anda dan katakan bahwa Anda mampu dan kuat. Ucapkan terus menerus dimanapun dan kapanpun Anda berada. Awalilah hari Anda dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan aktivitas yang akan dilakukan pada hari itu.

3. Percaya pada pikiran positif

Jika Anda berpikir positif, maka hal-hal positif akan datang dan hal yang paling sulit apapun Anda dapat akan terasa ringan. Begitu juga dengan pikiran negatif. Jika Anda berpikiran negatif, maka hal-hal negatif akan menimpa Anda. Untuk itu, Anda harus percaya pada pikiran positif agar bisa menjalani kegiatan yang positif juga dan mendapatkan hasil terbaik.

4. Jangan berdiam diri

Telusuri apa yang membuat Anda berpikiran negatif, perbaikilah, dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhentilah megeluh dan menyesal karena hanya membuang waktu dan energi Anda saja. Terimalah apapun yang terjadi dan petik hikmahnya agar Anda bisa kembali maju.

5. Fokus pada hal-hal positif

Tulislah lima hal positif yang pernah Anda dapati tiap harinya. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekedar hal-hal kecil, seperti hari ini cerah, makan malam yang enak, hari ini bahagia, dan lain sebagainya. Selama Anda bisa konsisten menuliskan hal positif tiap harinya, maka mampu mengubah segala pikiran negatif yang ada di otak Anda. Jika Anda mulai merasa berpikiran negatif, maka baca kembali tulisan tersebut.

6. Bergerak

Berolahraga sangat baik dilakukan untuk mengusir pikiran negatif yang ada di otak Anda. Berolahragalah sebentar dengan hanya berjalan di sekitar rumah atau melakukan aktivitas yang cukup mengeluarkan keringat. Berolahraga selama 15 menit saja bisa membuat Anda merasa lebih baik.

7. Hadapi rasa takut

Perasaan negatif muncul karena adanya rasa takut yang ada pada diri Anda. Ketahuilah bahwa semakin Anda takut hidup, maka semakin banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Jika Anda memiliki rasa takut untuk melakukan sesuatu, maka hadapilah dan terus maju. Rasa takut merupakan bagian dari hidup yang harus dijalani karena mungkin saja ada pengalaman yang bisa Anda dapat.

8. Coba hal baru

Mencoba hal baru tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Cobalah untuk selalu mengatakan “ya” dalam setiap kegiatan-kegiatan positif karena bisa membuat Anda memiliki kesempatan untuk maju dan berkembang. Pengalaman baru baik besar maupun kecil tentunya bisa membuat hidup Anda terasa lebih menyenangkan dan berguna.

9. Ubah cara pandang

Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan yang Anda dapat, tentunya akan ada keuntungan juga yang  bisa didapat.

Mengusir pikiran negatif yang ada di otak memang harus dilakukan karena bila terus-menerus dibiarkan bisa membuat karier dan masa depan Anda tidak cerah. Agar tidak selalu berpikiran negatif, ada baiknya untuk beribadah dan berdoa kepadaNya. Berpikirlah positif dan lakukan kegiatan yang positif juga agar hidup terasa bermanfaat. (NR)

Comment di sini