CiriCara: Cara Tepat Merawat Pakaian Sesuai Simbolnya

by
September 19th, 2012 at 1:26 pm

CiriCara.com – Ketika ingin menghadiri sebuah pesta, Anda ingin memakai gaun kesayangan agar terlihat tampil cantik. Namun, tiba-tiba Anda baru mengetahui bahwa gaun tersebut mengkerut dan warnanya pun memudar. Tentunya akan membuat Anda merasa kesal dan yang terlintas di pikiran adalah merek gaun tersebut tidak bagus.

Padahal hal tersebut bukanlah penyebabnya, mungkin saja gaun tersebut menjadi seperti itu dikarenakan Anda tidak merawatnya dengan baik. Pakaian yang dibandrol dengan harga murah maupun mahal harus tetap dirawat agar tetap awet. Untuk perawatannya Anda bisa mencucinya dan menyetrikanya.

Namun mencuci dan menyetrika pakaian harus dilakukan dengan tepat sesuai simbol yang ada pada pakaian tersebut. Agar pakaian tetap awet, sebaiknya Anda membaca simbol terlebih dahulu yang ada pada pakaian tersebut. Inilah 7 simbol yang harus Anda perhatikan:

1. Simbol temperatur

Metrotvnews

Simbol temperatur menunjukkan suhu yang dibutuhkan atau bisa ditolerir oleh pakaian tersebut. Ada juga dua simbol lain yang pakaian tersebut harus di wool-wash dan mungkin harus dicuci dengan mesin khusus. Bila tidak ada tanda apapun, maka mencuci pakaian tersebut jangan melebihi 40 derajat celcius.

2. Simbol pemutih

Metrotvnews

Tidak semua pakaian bisa diberikan pemutih. Untuk itu, baca dahulu simbol pemutih sebelum Anda berikan cairan pemutih. Simbol pemutih digambarkan dengan logo segitiga. Bila pakaian tidak boleh diberi pemutih, maka gambar segitiga tersebut dicoret silang dan sebaliknya.

3. Simbol dicuci

Metrotvnews

Ada pakaian yang memberikan simbol gambar tangan. Hal tersebut berarti pakaian itu tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Bila mencucinya dipaksa menggunakan mesin cuci, maka jangan salahkan mereknya jika pakaian tersebut mudah rusak.

4. Simbol dryclean

Metrotvnews

Apabila mencuci pakaian dengan dry cleaning, maka noda-noda bandel, seperti cat atau bahan-bahan kimia lainnya akan bisa dihilangkan dengan mudah. Di samping itu cara mencuci dry cleaning juga bisa membuat pakaian menjadi mengkerut dan warna cepat pudar. Simbol dry cleaning pada pakaian adalah gambar lingkaran di label pakaian. Apabila lingkaran dicoret silang, maka tidak boleh mencuci pakaian tersebut dengan cara dry cleaning.

5. Simbol mengeringkan

Metrotvnews

Simbol mengeringkan pada pakaian ditandai dengan tanda kotak. Bila di dalam kotak tersebut ada satu titik, maka pakaian tidak boleh dikeringkan pada suhu tinggi. Sedangkan bila ada dua tituik, maka boleh dikeringkan pada suhu tinggi. Namun, bila ada tanda silang di dalam kotak tersebut, pakaian tersebut harus dikeringkan manual.

6. Simbol memeras

Metrotvnews

Sebagian orang mencuci pakaian tidak menggunakan mesin cuci. Namun harus tetap diperhatikan juga simbol-simbol yang ada pada pakian agar tetap awet. Mencuci manual biasanya akan memeras pakaian tersebut agar cepat kering. Namun tidak boleh sembarangan diperas karena ada pakaian yang tidak boleh diperas. Simbol yang ada pada pakaian seperti gambar di atas berarti tidak boleh diperas.

7. Simbol setrika

Metrotvnews

Simbol setrika juga hampir sama dengan cara mengeringkan, yaitu ada gambar titiknya. Bila ada satu titik, maka pakaian itu tak boleh disetrika dengan suhu tinggi. Sedangkan bila ada dua titik, maka harus disetrika dengan suhu hangat. Bila ada tiga titik, maka boleh disetrika dengan suhu tinggi.

Dengan memperhatikan simbol-simbol yang ada pada pakian, maka pakaian yang biasa dan bermerek pun akan tetap awet. Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui hal tersebut, namun tinggal Anda yang menerapkannya. (NR)

Comment di sini